KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN ADMINISTRASI BANTUAN SARANA IBADAH BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SEKRETARIAT DAERAH KOTA MAKASSAR

Laode, Muhammad Wahyudin Andi (2019) KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN ADMINISTRASI BANTUAN SARANA IBADAH BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SEKRETARIAT DAERAH KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of SKRIPSI (LAODE MUH. WAHYUDIN ANDI) 2016.235.00.124-dikonversi.pdf] Text
SKRIPSI (LAODE MUH. WAHYUDIN ANDI) 2016.235.00.124-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan administrasi bantuan sarana ibadah di Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Makassar di ukur berdasarkan sub variable kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang menekankan pada jenis penelitian kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Selanjutnya tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada layanan administrasi bantuan sarana ibadah di Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Makassar : 1). Persyaratan: sangat baik karena telah sesuai dengan jenis dengan pelayanannya, 2). Sistem, Mekanisme, dan Prosedur: sangat baik karena telah sesuai dengan SOP dan mudah dipahami masyarakat, 3).Waktu Penyelesaian: sangat baik karena dalam memberikan pelayanan selalu cepat dan tepat waktu, 4). Biaya/Tarif: sangat baik karena pelayanan tidak ada tarif atau biaya, 5). Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan: sangat baik karena jenis pelayanan telah sesuai dengan hasil yang diterima, 6). Kompetensi Pelaksana: cukup baik karena pengalaman dan pengetahuan petugas sudah memadai namun masih ada beberapa lemah dalam IT, 7).Perilaku Pelaksana: sangat baik karena sopan dan ramah dalam melayani, 8). Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan: sangat baik karena menyediakan kotak saran dan belum ada yang komplain terkait layanan yang diberikan, 9). Sarana dan Prasarana: kurang baik karena media informasi terkait informasi bantuan sarana ibadah kurang serta syarat-syarat administrasi permohonan maupun pertanggung jawaban bantuan sarana ibadah tidak ada, selain itu kendaraan dinas untuk monitor atau survey lokasi tidak disediakan.

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Administrasi, Bantuan Sarana Ibadah, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2019
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:48
Last Modified: 16 Aug 2024 02:48
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item
View Item