STRATEGIPEMBERDAYAANUSAHA KECIL MENENGAHPADADINASKOPERASI, UKM, TENAGAKERJA DANTRANSMIGRASI KABUPATENENREKANG

Mulianti (2018) STRATEGIPEMBERDAYAANUSAHA KECIL MENENGAHPADADINASKOPERASI, UKM, TENAGAKERJA DANTRANSMIGRASI KABUPATENENREKANG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of SKRIPSI-MULIANTI.pdf] Text
SKRIPSI-MULIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Dinas Kukmnakertrans dalam memberdayakan Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) yang berfokus pada sektor perdagangan. Hal ini di latarbelakangi oleh munculnya pasar-pasar modern yang merambah ke pelosok-pelosok daerah, sehingga secara tidak langsung mematikan pasar-pasar tradisional. Sehingga hal ini berdampak pada pelaku UKM yang menghasilkan produk dengan kualitas rendah tidak dapat bersaing dengan produk di pasar modern. Dalam hal ini mekanisme pemasaran yang menjadi salah satu tolak ukur dalam pengembangan UKM. Selain itu pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Kukmnakertrans harus dimaksimalkan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar dapat menghasilkan produk yang inovatif. Dalam memberdayakan usaha kecil dan menengah diperlukan tiga fase yaitu fase inisial, fase partisiptoris, dan fase emansipatoris. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat secara objektif terkait keadaan yang sebenarnya dari obyek yang diteliti. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan observasi pada lokasi dan juga berdasarkan dokumen/catatan/laporan dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Fokus penelitian ini berdasarkan dari fase inisial, fase partisipatoris, fase emansipatoris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dalam memberdayakan Usaha Kecil, dan Menengah tidak berjalan optimal. Maka dari itu pemerintah memberikan agenda dari setiap kegiatan UKM berdasarkan dari aturan Dinas Koperasi,UKM,Tenaga kerja dan Transmigrasi yaitu pelatihan pemasaran yang berorientasi bagaimana masyarakat memasarkan produksinya dengan baik dan pelaksanaan penyuluhan disetiap tempat didesa atau kecamatan serta kebijakan mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Enrekang.Keterlibatan masyarakat dalam setiap program pelatihan,penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat mendapat respon yang cukup baik serta antusias masyarakat memberdayakan UKM juga cukup besar.Asset,Volume dan sisa hasil usaha merupakan salah satu bukti bahwa usaha tersebut berkembang karena bisa digunakan untuk lebih mengembangkan usaha tersebut.

Kata Kunci : Strategi Pemberdayaan, UKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2018
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:44
Last Modified: 16 Aug 2024 03:44
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item
View Item