Rahmat, Hidayat.Sahibuddin (2017) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI BERBASIS APLIKASI SIPAMANDA’ PADA KELURAHAN LANTORA KECAMATAN POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
Inovasi Pelayanan Publik Bidang Administrasi Berbasis Aplikasi Sipamanda' pada Kelurahan Lantora .pdf
Restricted to Registered users only
Download (914kB)
Abstract
Pengembangan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan
kebutuhan dan keinginan masyarakat modern akan suatu layanan yang mampu memberikan
kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan dalam pengajuan layanan. Masyarakat dewasa ini
sangat membutuhkan segalanya menjadi lebih mudah, teknologi sekarang ini adalah jantung
dari segala kegiatan. Menyaikapi hal tersebut Kelurahan Lantora mengembangkan suatu
produk layanan berbasis teknologi yang disebut Aplikasi Sipamanda’.
Penlitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana inovasi berbasis Aplikasi
Sipamanda’ ini dibuat untuk masyarakat, konsep pelayanan yang dibuat oleh Kelurahan
Lantora adalah konsep yang belum pernah diterapkan di Kabupaten Polewali Mandar bahkan
di Provinsi Sulawesi Barat. Untuk itu Kelurahan Lantora sangat penting untuk mengetahui
sejauh mana Aplikasi ini diterimah Dimasyarakat.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif.
Tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan telaah dokumen. Tujuan dari penelitian
ini untuk mendeskripsikan dan menganlisa penerapan Inovasi Pelayanan Publik Bidang
Administrasi Berbasis Aplikasi Sipamanda’ Pada Kelurahan Lantora Kecamatan Polewali
Kabupaten Polewali Mandar.
Berdasarkan hasil penelitian Inovasi Pelayanan Publik Bidang Administrasi Berbasis
Aplikasi Sipamanda’ Pada Kelurahan Lantora Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali
Mandar diukur dengan menggunakan 5 dimensi yakni, Keunggulan Relatif (Relative
advantage), Kesesuaian (Compatibility), Kerumitan (Complexity), Kemungkinan Dicoba
(Triability), Kemudahan Diamati (Observability). Dari hasil penelitian menunjukkan
penerapan Aplikasi Sipamanda’ sudah berjalan dengan baik, namu tetap saja masih adanya
beberapa kendala yang ditemukan antara lain kurangnya alat operator, masyarakat yang
belum mampu mengoperasikan smartphone. Kedepan diharapkan Kelurahan Lantora Bisa
mengatasi hal tersebut, sehingga penerapan Aplikasi tersebut bejalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2017 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 05:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 05:50 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1026 |