ANALISIS PELAYANAN MOBILE UNIT TRANSFUSI DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAKASSAR

Alfian (2019) ANALISIS PELAYANAN MOBILE UNIT TRANSFUSI DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of ANALISIS PELAYANAN MOBILE UNIT TRANSFUSI DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAKASSAR, ALFIAN.pdf] Text
ANALISIS PELAYANAN MOBILE UNIT TRANSFUSI DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAKASSAR, ALFIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelayanan
mobile pada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota
Makassar. Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi
perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial
kemanusiaan. Oleh karena jumlah kebutuhan darah yang terus
meningkat, maka pihak Unit Transfusi Darah perlu untuk bekerja sama
dengan berbagai perusahaan, organisasi, instansi baik tempat ibadah,
sekolah maupun universitas tinggi dalam hal mengunjungi tempat tersebut
untuk melakukan donor darah yang dikenal dengan istilah Mobile Unit.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
teknik pemilihan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling
atau sampel acak. Dalam penelitian ini jumlah populasi sebanyak 500
orang dan diambil sampel secara acak 10% dari jumlah populasi sehingga
sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang. Adapun lokasi
penelitian terdiri dari PT. Semen Tonasa, Wisma Kalla Building,
Organisasi Sibat di Tanjung Bayang, dan Kampus Universitas
Muhammadiah Makassar. Teknik pengumpulan data dengan membagikan
kuesioner, melakukan observasi, wawancara dan telaah dokumen.
Sedangkan analisa data diolah dengan menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian terhadap 5 indikator penilaian yaitu Tangibles,
Responsiveness, Reliability, Assurance dan Empathy menunjukkan skor
rata- rata 3,16 atau dalam kategori baik artinya pelayanan donor darah
mobile UTD PMI Kota Makassar sejauh ini sudah berjalan baik terlihat dari
hasil yang didapatkan dimana untuk penilaian terhadap indikator
ketanggapan, keandalan, kepastian mendapatkan penilaian dengan
kategori baik, untuk empati/ sikap peduli mendapatkan penilaian dengan
kategori sangat baik sedangkan untuk indikator berwujud mendapatkan
penilaian dengan kategori cukup baik dalam hal lokasi donor, kebersihan
serta penampilan petugas.
Kata Kunci: Donor darah, Pelayanan, Mobile, dan Kinerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2019
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:01
Last Modified: 16 Aug 2024 06:01
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item
View Item