Elsa, Riantika (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PELAYANAN POLI UMUM PADA PUSKESMAS KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of FIX SKRIPSI PDF ELSA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FIX SKRIPSI PDF ELSA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan hasil pendapat dan penilaian dari pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan kepada aparatur penyelenggara pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien poli umum terhadap pelayanan yang telah disediakan oleh Puskesmas Kassi-Kassi Makassar yang diukur dari tiga unsur survey kepuasan masyarakat yang diambil dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang terdiri dari waktu penyelesaian, perilaku pelaksana, serta sarana dan prasarana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 99 responden, melakukan wawancara kepada enam orang pasien, serta observasi dan telaah dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini yaitu mentabulasi hasil jawaban responden yang telah mengisi kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga unsur tersebut, faktor sarana dan prasarana merupakan faktor yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien poli umum Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar dengan kategori memuaskan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2019 |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:19 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1051 |