MUTU PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KELILING DI KOTA MAKASSAR

Abd, Rahman Rasyid (2016) MUTU PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KELILING DI KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Mutu Pelayanan Pajak
Kendaraan Bermotor Pada SAMSAT Keliling Di Kota Makassar yang masih banyak
masyarakat menganggap kurang efektif dan efisien dari segi pelayanan.
Penelitian ini teori yang digunakan diperoleh dari beberapa teori para pakar serta
sebagian diperoleh dari Undang-undang, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara, Peraturan Daerah serta Peraturan Gubernur.
Penelitian ini menggunakan metode survai kuantitatif dengan menggambarkan dan
mengamati secara mendalam tentang mengetahui Mutu Pelayanan Pajak Kendaraan
Bermotor Pada SAMSAT Keliling Di Kota Makassar. Sedangkan instrumen
pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/ penyebaran angket, wawancara,
observasi, dan telaah dokumen.
Hasil penelitian ini telah berjalan dengan efektif hal tersebut dapat dilihat dari
Beberapa aspek mutu pelayanan pajak kendaraan bermotor pada SAMSAT keliling
dikota makassar yakni :1)Kesederhanaan pelayanan dimana telah efektifnya indikator
yaitu prosedur tidak berbelit- belit, mudah dipahami, mudah dilaksanakan,2)Kejelasan
dan kepastian pelayanan dimana telah efektifnya keempat indikator dalam proses
pelayanan a)Unit kerja/pejabat yang berwenang,b)Loket pelayanan,c)Persyaratan
pelayanan,d)Ketepatan waktu.3)Keamanan dimana telah efektifnya kedua indikator
dalam proses pelayanan a)Kepastian hukum terhadap produk,b)Kelengkapan Fasilitas
yang memadai.4)Keterbukaan pelayanan dimana telah efektifnya kedua indikator a)Akses
informasi,b)Rincian Biaya. 5)Efisiensi dalam pelayanan sudah semakin mudah karena
kebanyakan masyarakat telah mengetahui dimana telah efektifnya ketiga indikator
a)Pendaftaran/input,b)Pembayaran,c)Penyerahan/output.6.)Ekonomis sebagaimana telah
efektifnya kedua indikator a)Mudah dijankau,b) Sesuai dengan aturan.7Keadilan sebagai
efektifnya kedua indikator a)Kecepatan pelayanan serta b) Keadilan mendapatkan
pelayanan.
Kesimpulan dari penelitian ini, dari ketujuh aspek mutu pelayanan pajak kendaraan
bermotor pada SAMSAT keliling dikota makassar yakni 1.) Hasil penilaian responden
pada aspek kesederhanaan sebesar 80,00% atau dapat dikatakan sangat baik, 2.) Hasil
penilaian responden pada aspek kejelasan dan kepastian sebesar 73,40% atau dapat
dikatakan baik, 3.) Hasil penilaian responden pada aspek keamanan sebesar 60,15% atau
dapat dikatakan baik, 4.) Hasil penilaian responden pada aspek keterbukaan sebesar
75,07% atau dapat dikatakan baik, 5.) Hasil penilaian responden pada aspek efisiensi
sebesar 69,28% atau dapat dikatakan baik, 6.) Hasil penilaian responden pada aspek
ekonomis sebesar 72,18% atau dapat dikatakan baik, 7.) Hasil penilaian responden pada
aspek keadilan sebesar 74,64% atau dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2016
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:28
Last Modified: 19 Aug 2024 00:28
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item
View Item