ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA DINAS PERHUBUNGAN, INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI KABUPATEN PINRANG

Usman, Tamrin (2012) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA DINAS PERHUBUNGAN, INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI KABUPATEN PINRANG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1 sampul skripsi.pdf] Text
1 sampul skripsi.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2 lbr. pengesahan.pdf] Text
2 lbr. pengesahan.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 3 lbr. persetujuan.pdf] Text
3 lbr. persetujuan.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4 lbr. pernyataan.pdf] Text
4 lbr. pernyataan.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 5 kata pengantar.pdf] Text
5 kata pengantar.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 6 intisari.pdf] Text
6 intisari.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 7 daftar isi, tabel, gambar.pdf] Text
7 daftar isi, tabel, gambar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8 skripsi (bab 1,2,3,4,5).pdf] Text
8 skripsi (bab 1,2,3,4,5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 9 daftar pustaka.pdf] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 11 riwayat hidup penulis.pdf] Text
11 riwayat hidup penulis.pdf

Download (298kB)

Abstract

Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu unit
pelayanan yang ditujukan kepada setiap pengendara mobil angkutan penumpang
maupun mobil barang sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang
transportasi dan kelayakan jalan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik, khususnya
pelayanan PKB pada Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi
Kabupaten Pinrang.
Penelitian ini menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner/angket, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi,
serta observasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini
adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub variabel tangible atau bukti
langsung meliputi fasilitas fisik dan perlengkapan pegawai dalam menunjang
proses PKB berlangsung dalam kategori baik. Sub variabel dari reliability atau
kehandalan para petugas yang meliputi kemampuan petugas PKB serta kejelasan
dan kepastian mengenai proses berlangsung dalam kategori baik. Sub variabel
responsiveness atau daya tanggap mencakup keinginan staf membantu
penyelesaian dan respon dari petugas PKB dalam kategori baik. Sub variable
assurance atau jaminan meliputi pengetahuan petugas memahami resiko dan
pengetahuan meminimalisir bahaya berada dalam kategori baik. Sub variabel
emphaty atau empati meliputi hubungan dengan masyarakat, perhatian yang
diberikan, cara komunikasi petugas dan kemampuan memahami kebutuhan
konsumen berada dalam kategori baik. Secara keseluruhan kualitas pelayanan
Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dinas Perhubungan, Informatika dan
Komunikasi dalam kategori baik. Namun sebagai pelayanan jasa, belum cukup
terarah dengan efektif dan efisien. Sehingga diperlukan pengembangan dan
keterampilan para petugas PKB

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:53
Last Modified: 19 Aug 2024 00:53
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item