ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI

Mukrimin (2013) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1.SAMPUL.pdf] Text
1.SAMPUL.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 2.lembar pengesahan.pdf] Text
2.lembar pengesahan.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 3.KATA PENGANTAR E-KTP.pdf] Text
3.KATA PENGANTAR E-KTP.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4.INTISARI E-KTP.pdf] Text
4.INTISARI E-KTP.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI E-KTP.pdf] Text
5.DAFTAR ISI E-KTP.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 7.BAB I  E-KTP.pdf] Text
7.BAB I E-KTP.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8.BAB II E-KTP.pdf] Text
8.BAB II E-KTP.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 9.BAB III E-KTP.pdf] Text
9.BAB III E-KTP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of 10.BAB IV E-KTP.pdf] Text
10.BAB IV E-KTP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Fokus permasahan pada penelitian ini adalah tergambar pada
fenomena-fenomena terjadinya antrian serta kurang efektif dan efisiennya
pelayanan pada saat pengurusan E-KTP. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk
Elektronik (E-KTP) di Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.
Adapun dasar dari penelitian ini adalah menggunakan teori dari
Parasurahman mengenai lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari
bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana seluruh masyarakat yang mengurus
E-KTP di Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai sebagai populasinya.
Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang dengan menggunakan Teknik
accidental sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian masyarakat
terhadap kualitas pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan
Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai secara umum masuk ke dalam kategori baik
dengan uraian sebagai berikut; bukti langsung (tangibles) masuk ke dalam
kategori cukup baik karena penampilan pegawai yang baik serta ruangan
yang bersih dan nyaman meskipun penilaian masyarakat mengenai keadaan
fisik gedung dan tempat parkir adalah kurang baik dan juga belum pernah
mengalami renovasi sekalipun sejak didiikan, kehandalan (reliability) masuk
ke dalam kategori baik karena kemampuan pegawai dalam memahami dan
menyelesaikan tugas-tugasnya secara cepat dan tepat, daya tanggap
(responsiveness) masuk ke dalam kategori baik karena pegawai memiliki
ketanggapan dan antusiasme untuk membantu masyarakat, jaminan
(assurance) masuk ke dalam kategori baik karena sikap dan prilaku pegawai
yang ramah dan sopan dalam melayani dengan selalu memberikan senyum
dan salam, dan empati (empathy) termasuk ke dalam kategori baik
dikarenakan setiap pegawai selalu bisa menyesuaikan dengan bahasa yang
digunakan atau dikuasai oleh masyarakat yang dilayaninya. Adapun saran
yang paling penting menurut penulis adalah peningkatan kualitas pelayanan
E-KTP di Kecamatan Sinjai Tengah khususnya dari segi bukti langsung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2013
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:16
Last Modified: 19 Aug 2024 02:16
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item
View Item