PENTINGNYA BANGUNAN BER - IMB

Lolo, Massudi (2020) PENTINGNYA BANGUNAN BER - IMB. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1.SAMPUL LUAR.pdf] Text
1.SAMPUL LUAR.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 5.ABSTRACT.pdf] Text
5.ABSTRACT.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 6.KATA PENGANTAR.pdf] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 7.DAFTAR ISI.pdf] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 10.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
10.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 11.BAB II STUDI PUSTAKA.pdf] Text
11.BAB II STUDI PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12.BAB III METODE PENILITIAN.pdf] Text
12.BAB III METODE PENILITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 13.BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
13.BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of 15.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 16.LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
16.LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran masyarakat untuk mengurus izin mendirikan bangunan masih kurang.Di masyarakat, masih ada stigma terkait pengurusan IMB seperti tidak cakapnya pelayanan yang diberikan oleh pemerintah; pengurusan harus melalui makelar; dan masih adanya praktik KKN dalam pengurusan IMB.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sarana komunikasi yang tepat untuk mengubah persepsi masyarakat tentang pengurusan IMB melalui iklan layanan masyarakat dengan tema “PENTINGNYA BANGUNAN BER - IMB”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Informan sebanyak 7 orang.
Hasil penelitian yaitu:Tata cara pengurusan IMB sudah sesuai dengan SOP, namun masyarakat masih sulit memahami proses yang harus dilalui dalam memperoleh IMB. Keterlambatan penerbitan IMB menjadi keluhan masyarakat, disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam melengkapi berkas IMB, kurangnya anggaran, sarana prasarana yang kurang memadai, dan kurangnya SDM di bidang pelayanan pengurusan IMB. Segi ketepatan waktu dalam pelayanan masih sangat kurang karena masyarakat sering menunggu petugas yang terlambat datang kekantor. Dari segi biaya layanan, sudah sesuai dengan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dinas terkait tidak memungut biaya layanan yang ilegal. Namun hal ini tidak serta merta membuat stigma di masyarakat bahwa tidak ada biaya selain yang ditetapkan. Hal tersebut menjadi suatu tantangan DPMPSP Kabupaten Toraja Utara untuk memberikan sanksi yang tegas bagi pihak yang memungut pungli dalam pengurusan IMB. Sosialiasi masih sangat kurang kepada masyarakat baik secara langsung maupun media iklan layanan masyarakat yang bisa membantu pemerintah untuk menjangkau dan menghimbau masyarakat di seluruh aspek di Kabupaten Toraja Utara bahwa pentingnya pengurusan IMB.

Kata kunci : IMB, pelayanan publik, iklan layanan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2020
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:06
Last Modified: 19 Aug 2024 02:06
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item
View Item