SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Diva, Aulia Zhiqkyah (2024) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 06. KATA PENGANTAR.pdf] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 08. ABSTRACT.pdf] Text
08. ABSTRACT.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 09. DAFTAR ISI.pdf] Text
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of 16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan peran pemerintah khususnya dalam hal
mengatur dan mengeluarkan izin dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di
berbagai bidang. Sehingga, masyarakat memiliki tuntutan agar kualitas pelayanan
publik dapat ditingkatkan guna mencapai tujuan masyarakat dengan cara yang
efektif dan efisien. Namun, harapan tersebut masih tidak sesuai dengan yang
terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan
Mariso Kota Makassar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan metode
observasi, wawancara, telaah dokumen, dan pengisian kuesioner.
Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada 354 masyarakat yang
memperoleh pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Mariso
maka indeks kepuasan masyarakat berada pada poin 78,15 yang masuk dalam
kategori baik. Selain berdasarkan hasil kuesioner, hasil wawancara, telaah
dokumen, dan observasi diperoleh data bahwa unsur yang mendapat nilai A yaitu
pada unsur tarif karena pelayanan di Kantor Kecamatan Mariso tidak dipungut
biaya.
Sementara itu, 3 unsur yang mendapatkan nilai C yaitu prosedur, waktu, dan
produk spesifikasi layanan. Prosedur yang dijelaskan oleh petugas tidak sekaligus
sehingga masyarakat bingung dan akhirnya proses pengurusan menjadi rumit.
Unsur waktu, ditemukan bahwa loket yang buka tidak sesuai dengan jam
operasional dan waktu penyelesaian pengurusan yang tidak sesuai dengan yang
dijanjikan serta diundur. Terakhir pada unsur produk spesifikasi layanan- layanan,
masyarakat merasa bingung jika hasilnya dalam bentuk digital atau harus diakses
melalui aplikasi di smartphone.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Survei Kepuasan Masyarakat, Administrasi
Kependudukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:18
Last Modified: 19 Aug 2024 03:18
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item
View Item