PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN PAROPO

Adinda, Tita Vashti Maharani (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN PAROPO. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 telah menjelaskan bahwa standar
pelayanan sebagai tolok ukur, pedoman, dan acuan dalam penilaian mutu
pelayanan penyelenggara serta bentuk dari kewajiban dan janji kepada
masyarakat guna terciptanya pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah,
terjangkau, dan terukur. Terdapat beberapa jenis pelayanan yang ada pada
Kelurahan Paropo tetapi semua jenis pelayanan tersebut belum ada satupun yang
memiliki standar pelayanan sehingga masih ditemukan permasalahan yang terjadi
di Kelurahan Paropo terkait ketidaktahuan beberapa ketentuan yang
dipersyaratkan sehingga masih terdapat masyarakat yang keliru dengan
kelengkapan berkas yang dibawa. Selain itu permasalahan belum adanya
informasi tertulis mengenai rentang/durasi waktu yang dibutuhkan dalam proses
pelayanan sehingga masyarakat tidak akan mengetahui kapan tepatnya produk
pelayanan yang dibutuhkan sampai ke tangan masyarakat itu sendiri. Oleh karena
itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menyusun standar
pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan
Paropo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer,
data sekunder dan Focus Group Disscussion (FGD). Pengumpulan data dalam
penyusunan standar pelayanan melalui metode wawancara, Focus Group
Disscusion (FGD), Observasi dan telaah dokumen. Penelitian ini berfokus pada
triangulasi data sumber dan teknik. Adapun teknik analisis data yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan 4 standar pelayanan yang meliputi layanan Surat
Keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Kematian
dan Surat Keterangan Belum Menikah.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kualitas Pelayana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:37
Last Modified: 19 Aug 2024 03:37
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item
View Item