Adinda, Tita Vashti Maharani (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN PAROPO. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (46kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (193kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (145kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (145kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (185kB)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (100kB)
09. ABSTRACT.pdf
Download (45kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (32kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (161kB)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (371kB)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 telah menjelaskan bahwa standar
pelayanan sebagai tolok ukur, pedoman, dan acuan dalam penilaian mutu
pelayanan penyelenggara serta bentuk dari kewajiban dan janji kepada
masyarakat guna terciptanya pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah,
terjangkau, dan terukur. Terdapat beberapa jenis pelayanan yang ada pada
Kelurahan Paropo tetapi semua jenis pelayanan tersebut belum ada satupun yang
memiliki standar pelayanan sehingga masih ditemukan permasalahan yang terjadi
di Kelurahan Paropo terkait ketidaktahuan beberapa ketentuan yang
dipersyaratkan sehingga masih terdapat masyarakat yang keliru dengan
kelengkapan berkas yang dibawa. Selain itu permasalahan belum adanya
informasi tertulis mengenai rentang/durasi waktu yang dibutuhkan dalam proses
pelayanan sehingga masyarakat tidak akan mengetahui kapan tepatnya produk
pelayanan yang dibutuhkan sampai ke tangan masyarakat itu sendiri. Oleh karena
itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menyusun standar
pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan
Paropo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer,
data sekunder dan Focus Group Disscussion (FGD). Pengumpulan data dalam
penyusunan standar pelayanan melalui metode wawancara, Focus Group
Disscusion (FGD), Observasi dan telaah dokumen. Penelitian ini berfokus pada
triangulasi data sumber dan teknik. Adapun teknik analisis data yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan 4 standar pelayanan yang meliputi layanan Surat
Keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Kematian
dan Surat Keterangan Belum Menikah.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kualitas Pelayana
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024 Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:37 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1112 |