PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN E-KTP PADA DINAS CATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG

Awaluddin, Ahmad (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN E-KTP PADA DINAS CATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of AWALUDDIN AHMAD.pdf] Text
AWALUDDIN AHMAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi
masyarakat terhadap kualitas pelayanan pengurusan KTP-el pada Dinas Catatan
Sipil Kabupaten Soppeng. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka
digunakan teknik analisis data yakni analisis kuantitatif dengan menggunakan
tabel distribusi frekuensi dari hasil jawaban responden.
Berdasarkan hasil persepsi responden mengenai tangible (bukti fisik),
maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden memberikan jawaban
setuju mengenai Perlengkapan dan peralatan seperti komputer, foto, alat deteksi
retina, tanda tangan, dan sidik jari yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil mendukung pelayanan E-KTP, Kebersihan ruang kantor yang rapi
dan bersih, Ruang foto yang bersih dan peralatan modern dan Ruang tunggu yang
bersih dan nyaman. Dari hasil tanggapan responden mengenai reliability
(kehandalan), maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan responden
memberikan jawaban setuju mengenai Kemampuan pegawai, kecepatan
pelayanan E-KTP dan proses pelayanan E-KTP yang tidak berbelit-belit. Hasil
tanggapan responden mengenai responsiveness (daya tanggap) maka dapat
disimpulkan bahwa rata-rata responden setuju mengenai cepat dan tanggap,
Fleksibilitas waktu pelayanan/jam kerja dalam pelayanan E-KTP sesrta pegawai
selalu tanggap dengan keluhan masyarakat dalam pengurusan E-KTP. Dari hasil
tanggapan responden mengenai assurance (jaminan) maka disimpulkan bahwa
sebagian besar masyarakat setuju mengenai rasa aman dalam pengurusan E-KTP,
jaminan ketepatan waktu dalam pengurusan E-KTP serta adanya citra positif
Dinas Catatan Sipil Kabupaten Soppeng dalam pelayanan E-KTP. Berdasarkan
hasil tanggapan responden mengenai emphaty (perhatian) maka dapat disimpulkan
bahwa sebagian besar masyarakat setuju mengenai Sikap dan perilaku pegawai
terhadap publik saat mengurus E-KTP, Pegawai selalu meluangkan waktu kepada
publik dalam pengurusan E-KTP, serta Kesesuaian pelayanan E-KTP dengan harapan publik.

Kata kunci : tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya
tanggap), assurance (jaminan), emphaty (perhatian)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2016
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:02
Last Modified: 19 Aug 2024 06:02
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item
View Item