Muhammad, Ichsan (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
5. SKRIPSI-MUHAMMAD ICHSAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Dalam organisasi pemerintah, pelayanan kepada masyarakat adalah tujuan utama
yang telah menjadi kewajiban dalam menyelenggarakan pelayanan dengan
menciptakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Adapun pelayanan yang
sering dikeluhkan terkait urusan kependudukan yaitu pengurusan Akte Kelahiran,
Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Nikah, Akte Cerai,
Akte Kematian, Keterangan Pindah Penduduk dan lain sebagainya. Dengan
adanya hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
efektivitas pelayanan E-KTP pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil
kabupaten soppeng.
Penelitian ini mengambil teori Hary Lubis dan Huseini yang melihat dan
mengukur efektivitas pelayanan E-KTP pada dinas kependudukan dan pencatatan
sipil kabupaten soppeng yang terdiri dari 3 aspek yaitu Pendekatan Sumber,
pendekatan Proses, dan Pendekatan Sasaran. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Sementara teknik
pengumpulan datanya adalah menggunakan Kuesioner, observasi, telaah
dokumen, wawancara. Kuesioner dibagikan kepada masyarakat yang pernah
datang ke kantor disdukcapil, dan informan wawancara penelitian ini adalah
masyarakat dan pihak kantor disdukcapil. Data dianalisa dengan menggunakan
teknik deskriptif kuantitatif dengan analisis frekuensi, kemudian mencari nilai rata
- rata, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pendekatan sasaran memiliki nilai
yang sangat baik dimana masyarakat merasa puas dengan adanya program E-KTP
serta sarana dan prasarana pelayanan yang diberikan,adapun pendekatan sumber
dan pendekatan proses juga sudah cukup baik,akan tetapi untuk proses pembuatan
E-KTP harus lebih di tingkatkan kemudian kerjasama antar pegawai harus lebih di
perbaiki dan keadilan dalam memberikan pelayanan harus lebih ditingkatkan.
Dengan adanya hasil penelitian ini, penulis berharap dinas kependudukan dan
pencatatan sipil dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan
kepada masyarakat dan lebih meningkatkan kerjasama antar pegawai dalam
memberikan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2018 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:23 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:52 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/115 |