Reza, Rezky Ananda Muhiddin (2024) PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA AYAM GEPREK OM KEMBEK. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (63kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (135kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (153kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (144kB)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (142kB)
09. ABSTRACT.pdf
Download (187kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (129kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (216kB)
15. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Download (292kB)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
17. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (174kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pada umumnya Pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Hal ini tidak terlepas dari dampak produk yang ditawarkan di pasar, baik berupa barang maupun jasa. Terkadang kemasan dan label produk menjadi permasalahan bagi kemajuan suatu usaha. Ayam Geprek Om Kembek merupakan salah satu usaha kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam industri makanan. Ayam Geprek Om Kembek belum memiliki identitas maupun informasi pada kemasan yang digunakan sehingga peneliti akan melakukan pengembangan kemasan dengan melihat fungsi kemasan sebagai faktor pengaman, faktor estetika, faktor komunikasi, dan faktor ekonomis pada desain kemasan yang akan dibuat. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengembangan desain kemasan produk pada Ayam Geprek Om Kembek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha dan konsumen cenderung memilih kemasan berbahan kertas ivory sebagai solusi terbaik yang tahan terhadap air maupun minyak agar kemasan tidak mudah rusak dan produk yang didistribusikan tetap terjaga kualitasnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa elemen-elemen yang digunakan seperti warna, bentuk, merek, teks, dan ukuran dapat mengatasi masalah-masalah sebelumnya seperti belum adanya identitas dan informasi pada kemasan yang digunakan.
Kata kunci: Pengembangan produk, kemasan, desain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik > 2024 Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:00 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1167 |