PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA AYAM GEPREK OM KEMBEK

Reza, Rezky Ananda Muhiddin (2024) PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA AYAM GEPREK OM KEMBEK. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 15. BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
15. BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of 17. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya Pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Hal ini tidak terlepas dari dampak produk yang ditawarkan di pasar, baik berupa barang maupun jasa. Terkadang kemasan dan label produk menjadi permasalahan bagi kemajuan suatu usaha. Ayam Geprek Om Kembek merupakan salah satu usaha kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam industri makanan. Ayam Geprek Om Kembek belum memiliki identitas maupun informasi pada kemasan yang digunakan sehingga peneliti akan melakukan pengembangan kemasan dengan melihat fungsi kemasan sebagai faktor pengaman, faktor estetika, faktor komunikasi, dan faktor ekonomis pada desain kemasan yang akan dibuat. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengembangan desain kemasan produk pada Ayam Geprek Om Kembek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha dan konsumen cenderung memilih kemasan berbahan kertas ivory sebagai solusi terbaik yang tahan terhadap air maupun minyak agar kemasan tidak mudah rusak dan produk yang didistribusikan tetap terjaga kualitasnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa elemen-elemen yang digunakan seperti warna, bentuk, merek, teks, dan ukuran dapat mengatasi masalah-masalah sebelumnya seperti belum adanya identitas dan informasi pada kemasan yang digunakan.


Kata kunci: Pengembangan produk, kemasan, desain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik > 2024
Skripsi > Skripsi Administrasi Bisnis Sektor Publik
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:00
Last Modified: 19 Aug 2024 08:00
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item
View Item