KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA SUB BAGIAN PROTOKOL DAN HUMAS BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA

Yosri, Yosri (2018) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA SUB BAGIAN PROTOKOL DAN HUMAS BAGIAN TATA USAHA PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. YSORI-SKIRPSI.pdf] Text
1. YSORI-SKIRPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik
bidang administrasi pada sub bagian Protokol dan Humas Tata Usaha Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Kepala
Bagian Tata Usaha Pimpinan, 1 orang Kepala Sub Bagian Protokol dan Humas,
dan 1 orang pegawai Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan, 1 orang pegawai
Sekertariat Daerah, 1 orang pegawai protokoler dan humas dan 1 orang
masyarakat penggunan jasa layanan. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi sumber dan metode.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan
publik bidang administrasi pada Sub Bagian Protokol dan Humas Bagian Tata
Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja Utara dilihat dari aspek
fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu: (1) Pada Sub
Bagian Protokol dan Humas Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah
Kabupaten Toraja Utara belum memenuhi fasilitas pelayanan yang
memadai/cukup memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Fasilitas seperti genset kurang dioptimalkan sehingga ketika listrik mati maka
proses pelayanan pun juga akan berhenti total yang artinya masyarakat tidak
dapat mendapatkan pelayanan. Hal ini terjadi dikarenakan keterbatasan biaya
ix
dan belum ada dana yang diberikan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk
Proses Pengadaan. (2) Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh Sub Bagian Protokol dan Humas Bagian Tata Usaha Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja Utara dalam aspek reliability
(kehandalan) mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan
masyarakat, handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan (3)
Pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan
khususnya masyarakat yang bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara
petugas dan pengunjung yang saling berkomunikasi. (4) keamanan di Sub
Bagian Protokol dan Humas Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah
Kabupaten Toraja Utara sudah menunjukan upaya meningkatkan kualitas
pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat yaitu dengan
menempatkan tukang parkir yang ikut mengamankan keadaan di parkiran.(5)
Aspek empati (empathy), yang diberikan pihak pada Sub Bagian Protokol dan
Humas Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja
Utara yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Hal itu dapat
terlihat dari sikap petugas yang menerangkan dengan sejelas-jelasnya mengenai
prosedur pelayanan dan menerima kritik maupun saran dengan sepenuh hati
sebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:33
Last Modified: 18 Jan 2022 05:33
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item