KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPROTOKOLERAN PADA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Andi, Putra Iip Kuneng (2013) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPROTOKOLERAN PADA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of ANDI PUTRA IIP KUNENG.pdf] Text
ANDI PUTRA IIP KUNENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan adminsitrasi
keprotokoleran pada Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten
Polewali Mandar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan
datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik
analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian didasarkan pada pelaksanaan pelayanan administrasi
keprotokoleran yang dilaksanakan oleh Bagian humas dan Protokol. Berdasarkan
hasil penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ditinjau dari 5 dimensi
kualitas pelayanan menurut Parasuraman, dkk, didapatkan fakta yang empiris bahwa
(1) dari dimensi tangibles atau bentuk fisik, pelayanan adminsitrasi keprotokoleran
masih kurang memuaskan karena masih terdapat kekurangan dan kelemahan. (2) Dari
segi dimensi reliability atau kehandalan sudah cukup memuaskan karena telah
merujuk pada prosedur pelayanan yakni Perbup dan SOP, dan telah berhasil
memberikan pelayanan yang bebas dari kesalahan. (3) Dari sudut pandang dimensi
responsiviness atau daya tanggap masih kurang memuaskan, khususnya dari aspek
kemampuan petugas pelayanan dalam menanggapi masalah atau kebutuhan
costumers. (4) Pada dimensi assurance atau jaminan, kualitas pelayanan administrasi
kerpotokoleran sudah cukup memuaskan. (5) Terakhir, dari aspek dimensi emphaty
atau perhatian, menunjukkan kualitas pelayanan administrasi kerpotokoleran masih
kurang memuaskan. Saran peneliti kepada Kabag Humas dan Protokol, agar
melengkapi fasilitas fisik yang jumlahnya belum memadai. Jika memungkinkan
dilakukan penambahan staf, juga agar memaksimalkan sosialisasi tentang Perbup dan
SOP. Kepada Petugas pelayanan agar meningkatkan kemampuan berkomunikasi
sesuai tata bahasa Indonesia, meningkatkan kemampuan personal, serta perlu
diberikan pembinaan atau pelatihan mengenai pelayanan prima atau melayani dengan
hati nurani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2013
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:25
Last Modified: 20 Aug 2024 01:25
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item
View Item