STUDI LIMA(5) DIMENSI PELAYANAN DISTRIBUSI PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG

Yulianti, Muin (2012) STUDI LIMA(5) DIMENSI PELAYANAN DISTRIBUSI PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of sampul proposal anthi.pdf] Text
sampul proposal anthi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of I N T I S A R I.pdf] Text
I N T I S A R I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of S K R I P S I  anthi.pdf] Text
S K R I P S I anthi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lima (5) dimensi pelayanan
distribusi penerbitan Kartu tanda Penduduk (KTP) pada Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil Kabupaten Pinrang.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan datanya
dengan menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskrip kualitatif.
Hasil penelitian didasarkan pada pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang. Hal ini dapat dilihat dari aspek
(1)tangibles atau bukti langsung dengan tersedianya kenyamanan bagi sebagian masyarakat
dengan memberikan ruang tunggu yang nyaman, seperti ruang tunggu yang bersih yang
dilengkapi dengan fasilitas seperti majalah dan ruang tunggu,(2)reliability atau kehandalan
yang cukup memuaskan walaupun tak bisa dipungkiri sikap aparatur harus lebih professional,
(3)resposiviness atau daya tanggap diperlukan beberapa perbaikan yang disebabkan
ketidakpahaman petugas,(4)assurance atau jaminan dikatakan dapat memuaskan dari segi
pembiayaan, walaupun ketepatan waktunya perlu diperbaiki lagi dan (5)empathy atau
perhatian.dirasa cukup memuaskan karena beberapa masyarakat sudah merasa petugas
pelayanan sudah melayani secara sopan,senyum dan ikhlas. Untuk lebih mengoptimalkan
pelayanan penerbitan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang
sebaiknya dilakukan beberapa perbaikan seperti menyediakan sarana dan prasarana terutama
untuk daerah pedalaman, memberikan keterampilan dan pengetahuan bagi petugas
pelayanan, membuat program-program yang bertujuan memberikan pelayanan yang cepat
dan professional, serta memberikan arahan dan pemahaman kepada petugas untuk bersikap
lebih simpatik kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:18
Last Modified: 20 Aug 2024 02:18
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item
View Item