PENERAPAN PRINSIP CITIZEN’S CHARTER PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI KABUPATEN GOWA

Renny, Puteri Harapan Rani (2018) PENERAPAN PRINSIP CITIZEN’S CHARTER PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI KABUPATEN GOWA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS STIA LAN RENNY & LAMPIRANNYA.pdf] Text
TESIS STIA LAN RENNY & LAMPIRANNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip citizen’s charter pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam mewujudkan good governance di Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan prinsip citizen’s charter pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam mewujudkan good governance di Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini digunakan didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini dianggap sangat relevan, karena penelitian yang dilakukan hanya bersifat deskriptif, yaitu penulis ingin menganalisis dan mendeskripsikan penerapan prinsip citizen’s charter pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam mewujudkan good governance di Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Informan penelitian sebanyak 12 orang, yang terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang 2 orang, Kepala Seksi 4 orang, dan Penerima Layanan Perizinan dan Non Perizinan 6 orang. Prosedur pengolahan dan analisis data adalah analisis kualitatif yang dilakukan melalui lima tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPM PTSP Kabupaten Gowa belum sepenuhnya menerapkan prinsip citizen’s charter sebagaiamana teori Oliver dan Drewry, yakni standar pelayanan yang tinggi (higher standard), keterbukaan (openness) pelayanan, informasi (information) pelayanan, tidak diskriminasi (non discrimination) pelayanan, daya respon (responsiveness) pelayanan, keluhan (grievances) pelayanan, karena belum ada kerjasama dengan lembaga pengawasan independen dan tanda charter (petunjuk arah) pelayanan; belum ada publikasi struktur organisasi lengkap dengan nama-nama pejabat yang berwenang dan publikasi biaya pelayanan secara daring; belum ada publikasi informasi target kinerja dan capaian pelaksanaan kinerja secara daring; belum memiliki peraturan mengenai jaminan kesamaan hak bagi penerima layanan; belum adanya permintaan tanggapan penerima layanan oleh pegawai atas pelayanan yang diberikan; belum adanya kerjasama dengan lembaga independen sebagai mediator antara pihak DPM-PTSP Kabupaten Gowa dengan penerima layanan apabila tidak terjadi kesepakatan penyelesaian keluhan atau pengaduan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2018
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:17
Last Modified: 20 Aug 2024 04:17
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item
View Item