A, Amil Amrillah J. Sangaji. (2016) KINERJA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR PADA KECAMATAN GALESONG SELATAN DI KABUPATEN TAKALAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of AMILL.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMILL.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana kinerja UPTD DIKBUDPORA dalam meningkatkan mutu
pendidikan dasar di Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis kinerja UPTD DIKBUDPORA dalam
meningkatkan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Galesong Selatan
Kabupaten Takalar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini berupaya mencari informasi dan fakta tentang subyek yang
diteliti yang berupa ungkapan bahasa atau wacana melalui interpretasi
yang tepat dan sistematis mengenai Kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas
Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dalam meningkatkan
mutu pendidikan dasar pada kecamatan Galesong Selatan di kabupaten
Takalar sehingga dapat diketahui bagaimana input, output, dan outcome
yang mempengaruhi kinerja dari UPTD DIKBUDPORA. Penulis
mengambil sebanyak 12 orang sebagai informan atau sebagai pemberi
informasi karena sudah dapat mewakili responden dalam memberikan
data yang diperlukan bagi penulis. Selain itu penulis juga menggunakan
dokumen- dokumen yang ada pada kantor UPTD DIKBUDPORA yang
berkaitan dengan penelitian sebagai data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi masukan
(input) UPTD DIKBUDPORA dalam menjalankan program dan
kegiatannya adalah Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, dan
Anggaran. Namun kenyataannya Sumber daya manusia, sarana
prasarana, dan anggaran pada UPTD DIKBUDPORA Kecamatan
Galesong Selatan masih terbatas sehingga pegawai yang ada harus
berupaya keras untuk melaksanakan program dan kegiatannya.
Berjalannya program dan kegiatan dengan baik (output) akan
meningkatkan mutu pendidikan dan relevansi pendidikan dasar yang
dapat diukur melalui meningkatnya hasil ujian akhir nasional dan jumlah
penduduk yang bersekolah (outcomes). Begitupun dengan standar
pelayanan minimal dibidang pendidikan dasar harus dibuat dan
dilaksanakan dengan baik sehingga mampu meningkatkan mutu
pendidikan dasar pada kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2016 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 05:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 05:52 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1232 |