Moh, Dwi Aditya (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMPN 9 MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS ADITYA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ADITYA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pembahasan yang dibahas dalam penelitian adalah pengaruh Motivasi
dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru SMPN 9 Makassar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi dan
kompetensi terhadap kinerja Guru SMPN 9 Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
menggunakan analisis kuantitatif yang berdasarkan pada perhitungan
presentasi dan penghitungan statistik lainnya dengan jenis penelitian korelasi
atau pengaruh. Jumlah Populasi yakni keseluruhan populasi dijadikan sampel
yakni sebanyak 58 orang guru dengan menggunakan sampel Jenuh. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara, telaah
dokumentasi, dengan menggunakan analisis statistik regresi berganda. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Motivasi Guru di SMPN 9
Makassar variabel (X1) pada kategori baik dengan menunjukkan terpenuhinya
kebutuhan fisiologis, terpenuhinya akan kebutuhan rasa aman, kebutuhan
sosial, adanya pengakuan hak dan kewajiban, serta pemberian kesempatan
pengembangan diri kepada Guru dan pada variabel (X2) Kompetensi, menunjukkan dukungan yang baik atas peningkatan kinerja, dimana Guru
SMPN 9 memiliki pengetahuan yang baik dalam melaksanakan tugas dan
memiliki kemampuan atau kesterampilan dalam menjalankan tugas, serta
bersikap disiplin, bertanggungjawab dalam menjalankan tugas, sedangkan
pada variabel (Y) Kinerja Guru, menunjukkan terciptanya perencanaan proses
pembelajaran yang baik, penilaian hasil pembelajaran, tindak lanjut sampai
pada evaluasi dan penilaian atas pembelajaran sudah dilaksanakan dengan
sangat baik. Hasil olah statistik regresi berganda, terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara variabel Motivasi dan Kompetensi terhadap
Kinerja Guru SMPN 9, berada pada kategori cukup kuat, dengan besaran
pengaruh yakni 31.3%. Sedangkan sebaliknya 68.7% diterangkan oleh sebab
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau disebut Epsilon.
Kata Kunci : Motivasi, Kompetensi, Kinerja Guru SMPN 9 Makassar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:08 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:08 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1244 |