PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN DAN KALIBRASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BALAI PENGAMANAN FASILITAS KESEHATAN MAKASSAR

Asni, Hafid (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN DAN KALIBRASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BALAI PENGAMANAN FASILITAS KESEHATAN MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of ASNI HAFID.pdf] Text
ASNI HAFID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas
pelayanan yang terdiri dari : Keahlian dan kemapuan, Sikap dan tingkah
laku, Kemudahan hubungan dan keluesan, Keandalan dan dapat
dipercaya dan Pemulihan terhadap kepuasan pelayanan Pengujian dan
Kalibrasi pelanggan BPFK Makassar
Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan
penelitian deskriptif kuantitatif yaitu dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Data mentah yang terkumpul dari hasil
jawaban responden maupun yang diperoleh dari hasil wawancara, telaah
dokumen dan observasi akan diolah menggunakan metode analisis skala
Likerts yaitu untuk mengetahui tanggapan responden dalam hal ini adalah
pelanggan yang menggunakan jasa pengujian dan kalibrasi BPFK
Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas
terhadap Variabel terikat .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan pelanggan pada
Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Makassar pada umumnya
berkategori puas, hal ini menunjukkan bahwa pegawai Balai Pengamanan
Fasilitas Kesehatan Makassar memberikan pelayanan yang terbaik
kepada pelanggan sehingga pelanggan mempersepsikan pelayanan yang
diberikan memuaskan bagi mereka. Secara simultan faktor keahlian dan
kemampuan, sikap dan tingkah laku, kemudahan hubungan dan keluesan,
Keandalan dan dapat dipercaya, dan pemulihan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Makassar.
Secara parsial keahlian dan kemampuan, sikap dan tingkah laku,
kemudahan hubungan dan keluesan, keandalan dan dapat dipercaya
serta pemulihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, sehingga pelanggan mempersepsikan pelayanan yang
diberikan memuaskan bagi mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:08
Last Modified: 20 Aug 2024 06:08
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item
View Item