Sitti, Fatimah (2019) PENERAPAN DISIPLIN GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 2 MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
TESIS-SITTI FATIMAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Penerapan disiplin guru selama ini telah dilaksanakan sebagaimana
yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang
Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Akan tetapi bentuk pelaksanaannya belum
terealisasikan secara efektif. Salah satu permasalahan utama dalam
penerapan disiplin guru adalah kurangnya ketegasan dan adanya keraguraguan
dari pimpinan pada setiap level dalam jabatan untuk menindak
bawahannya yang nyata-nyata telah melakukan pelanggaran disiplin.
Sehingga, sebagaian guru menganggap bahwa meskipun melanggar
tetapi pasti tidak akan pernah diberikan sanksi. Hal ini berujung pada
sikap acuh tak acuh guru dan pegawai terhadap aturan kedisiplinan yang
telah ditentukan. Berdasakan permasalahan tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan disiplin guru dalam
melaksanakan tugas pembelajaran di SMA Negeri 2 Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10
orang yang berasal dari lingkup sekolah SMA Negeri 2 Makassar yang
terdiriatas; Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, 2 orang Wakil Kepala
Sekolah, 4 orang Guru Bidang Studi Pelajaran, dan 2 Staf Tata Usaha.
Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara,
observasi, dan telaah dokumen.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa SMA Negeri 2 Makassar telah
melakukan beberapa upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut,
tetapi hasil yang diharapkan belum dapat dicapai secara maksimal. Oleh
karena itu peneliti merekomendasikan beberapa alternative yang telah
disepakati oleh kepala Sekolah untuk diterapkan pada proses
pembelajaran pada tahun ajaran 2019/2020. Berikut rekomendasi yang
dipaparkan peneliti; (1) adanya penyusunan kode etik guru yang mengatur
tentang kewajiban guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran; (2)
adanya standar penilaian disiplin yang disusun oleh Pembina dan setujui
oleh pengawas sekolah; (3) adanya pembentukan kelompok monitoring
yang disusun dalam membantu mengawasi terlaksananya tugas-tugas
guru selama proses pembelajaran dilaksanakan; (4) adanya penyusunan
tata tertib bagi guru terkait tugas dan jabatannya yang disepakati oleh
Pembina, Pengawas, serta oleh guru yang bersangkutan.
Kata Kunci: Penerapan Disiplin, Disiplin Guru, Pelanggaran Disiplin.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
| Depositing User: | Teknologi Informasi |
| Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:12 |
| Last Modified: | 20 Aug 2024 06:12 |
| URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1246 |

