Mulyanti Syam, Mulyanti (2018) KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PADA RSUD MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 9. SKRIPSI-MULYANTI SYAM.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. SKRIPSI-MULYANTI SYAM.pdf
Download (3MB)
Abstract
Terbitnya beberapa peraturan perundang-undangan tentang jaminan
perlindungan kesehatan membawa konsekuensi tentang pentingnya kualitas
pelayanan pada rumah sakit. Munculnya berbagai pandangan serta keluhan pasien
mengenai pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS yang dianggap kurang baik
menjadi alasan dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui dan
menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS pada RSUD
Massenrempulu Kabupaten Enrekang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan sampel
dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai
instrument utama dalam penelitian sehingga data yang diperoleh dapat menunjang
keterangan yang diperlukan untuk mendukung pembahasan penelitian.
Hasil penelitian didasarkan pada 5 Sub variabel yaitu tampilan fisik
(Tangibles), Keandalan (Reability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan
(Assurance) dan Empati (Emphaty). Berdasarkan hasil analisis tampilan fisik
(Tangibles) masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai 3,37, Kehandalan
(Reliability) dengan nilai 3,49 termasuk dalam kategori baik, Daya tanggap
(Responsiveness) dengan nilai 3,90 termasuk dalam kategori baik, Jaminan (Assurance)
dengan nilai 3,62 termasuk dalam kategori baik serta Empaty (Emphaty) juga termasuk
dalam kategori baik dengan nilai 3,53. Adapun nilai rata – rata yang dihasilkan dari
penjumlahan nilai rata – rata keseluruhan indikator kualitas pelayanan sebesar 3,58.
Sehingga sesuai dengan rentang interval yang telah ditentukan, maka pelayanan
pasien pengguna BPJS pada RSUD Massenrempulu Kabupaten Enrekang berada
pada rentang interval baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:14 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:14 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/125 |