KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA BALAI KESEHATAN MATA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR

Sarlinawati (2017) KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA BALAI KESEHATAN MATA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of sarlinawati.pdf] Text
sarlinawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana
kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan mata di BKMM Kota Makassar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kepuasan pasien pada pelayanan
kesehatan mata di BKMM Kota Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif merupakan salah satu
pendekatan dalam penelitian yang lebih ditekankan pada data yang dapat
dihitung untuk menghasilkan penafsiran kuantitatif yang kokoh.
Penggunaan desain survey deskriptif bertujuan untuk menggambarkan
dan melihat langsung situasi yang terjadi. Penelitian ini dilakukan terhadap
pasien di Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Kota Makassar, Instrumen
yang digunakan adalah kuesioner untuk menguji indikator yang digunakan
mengukur kepuasan pasien di BKMM Kota Makassar, didukung dengan
telaah dokumen, observasi (pengamatan) serta wawancara. Teknik
sampling yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan
teknik simple random sampling, sampel penelitian terdapat 97responden
yang terdiri dari pasien yang datang berobat di Balai Kesehatan Mata
Masyarakakat (BKMM) Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator persyaratan,
prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan,
kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan,
pengaduan saran dan masukan. Diantara kesembilan indikator yang
memiliki nilai paling tinggi adalah kompetensi pelaksana dengan nilai 4,15
dan termasuk dalam kategori puas. Kompetensi pelaksana adalah
kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan,
keterampilan, keahlian, dan pengalaman untuk tenaga medis, nonmedis,
dan administrasi. Setiap pelayan kesehatan harus memiliki pengetahuan
berdasarkan tugas yang akan dia kerjakan, petugas kesehatan juga harus
memiliki keahlian dan keterampilan serta berpengalaman dibidangnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:19
Last Modified: 20 Aug 2024 06:19
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item
View Item