Mila, Karmila (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS WEWANGREWU KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of mila karmila.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mila karmila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Hubungan
Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan
Kesehatan Nasional di puskesmas Wewangrewu. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat
kepuasan pasien Jaminan Kesehatan Nasional di puskesmas
Wewangrewu.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian sebanyak 180 orang Pasien Jaminan Kesehatan
Nasional. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan accidental
sampling, jumlah sampel sebanyak 125 orang. Data dikumpulkan dengan
penyebaran kuensioner, wawancara, observasi dan telaah
dokumentasi.Hasil penelitian, Hubungan Mutu Pelayana pada Pasien
variabel bebas (X) dengan Tingkat Kepuasan Pasien variabel terikat (Y)
Menunjukkan tingkat keeratan hubungan cukup kuat yakni 0,355 dalam
hal ini bermakna bahwa 35.5 % ,sedangkan sebaliknya 64.5% diterangkan
oleh sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau Epsilon. Dengan demikian, semakin baik Mutu Pelayanan maka berhubungan
positif pada Peningkatan Tingkat Kepuasan Pasien dan sebaliknya
semakin buruk Mutu Pelayanan akan berhubungan erat pada rendahnya
tingkat kepuasan pasien pada Puskesmas Wewangrewu Kab. Wajo.Untuk
mencapai tingkat kepuasan pasien, maka perlu ditingkatkan mutu
pelayanan secara konsisten dengan mengacuh pada standar pelayanan
dan peningkatkan sumber daya manusia petugas puskesmas
Wewangrewu Kabupaten Wajo
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:47 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1269 |