ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS KOTA KABUPATEN ENREKANG

Rusiaba (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS KOTA KABUPATEN ENREKANG. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of rusiaba.pdf] Text
rusiaba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “bagaimana
kualitas pelayanan rawat jalan pada Puskesmas Kota Kabupaten Enrekang”
dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan rawat jalan pada Puskesmas
Kota Kabupaten Enrekang ditinjau dari Indikator profesionalisme, behavior, accessibility , trustworthiness , recovery, dan reputation. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif..Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat
jalan yang rutin berobat ke Puskesmas Kota Kabupaten Enrekang sebanyak 338
orang. Adapun sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota,
sehingga sampel penelitian ini berjumlah 150 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : kuesioner, wawancara, telaah
observasi, telaah dokumen dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
menggunakan tabel distribusi frekuensi dan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan rawat jalan
pada Puskesmas Kota ditinjau dari indikator profesionalisme mayoritas responden
menilai sangat memuaskan, (2) indikator behavior petugas kesehatan dalam
melayani pasien mayoritas respondem menilai sangat memuaskan, (3) indikator
accessibility pelayanan pada pasien mayoritas responden menilai sangat
memuaskan, (4) indikator trustworthiness pasien terhadap petugas kesehatan
mayoritas responden menilai sangat memuaskan dan (5) reputation puskesmas
dinilai sangat memuaskan oleh responden, sedangkan untuk kualitas pelayanan
ditinjau dari indikator (6) recovery dinilai memuaskan oleh mayoritas responden.
Saran untuk peningkatan kualiatas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Kota
Kabupaten Enrekang adalah kedisiplinan jadwal pelayanan baik pada petugas
loket maupun dokter, pemberian sanksi dan penghargaan yang tegas atas
kinerjanya kepada petugas kesehatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:08
Last Modified: 20 Aug 2024 07:08
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item
View Item