Andi, Nelli Fatahuddin (2017) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEMPA KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-ANDI NELLI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-ANDI NELLI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kepuasan
pasien rawat jalan di puskesmas Lempa kabupaten Wajo, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Lempa kabupaten
Wajo.
Dalam penelitian ini kepuasan pasien rawat jalan terdiri dari aspek aspek
pemahaman pengguna jasa, sikap peduli, biaya, penampilan fisik, jaminan
keamanan, kehandalan dan keterampilan dan daya tanggap .Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei yaitu
metode riset dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan
datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pasien rawat jalan yang
mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lempa Kabupaten Wajo selama 3
bulan terakhir sebanyak 995 orang pasien, dengan sampel sebanyak 91 orang yang
di dapat dengan menggunakan rumus Taro Yamane yang diungkapkan dalam
Ridwan, dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampel insidental yaitu
berdasarkan pasien yang bertemu dengan peneliti di puskesmas Lempa kabupaten
Wajo. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah kuisioner, wawancara,
observasi dan telaah dokumen dengan menggunakan teknik analisis statistik
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien rawat jalan di
puskesmas Lempa kabupaten Wajo dari aspek pemahaman pengguna jasa, sikap
peduli, biaya, penampilan fisik, jaminan keamanan, kehandalan dan keterampilan
dan daya tanggap pelayanan secara bersama-sama dapat dikategorikan baik, yaitu
sebagian responden merasa puas terhadap pelayanan rawat jalan di puskesmas
Lempa kabupaten Wajo. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu secara keseluruhan
pelayanan rawat jalan sudah baik, namun masih ada yang perlu diperbaiki yaitu
masalah penataan ruangan dan alat-alat kesehatan belum sesuai dengan standar
pelayanan kesehatan serta keamanan barang-barang pasien masih rendah.
Disarankan kepada petugas kesehatan puskesmas Lempa kabupaten wajo
hendaknya lebih meningkatkan pelayanan rawat jalan dengan melakukan penataan
ruangan dan alat-alat kesehatan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan serta
meningkatkan keamanan dan kenyamanan pasien maupun keluarga pasien.
Kata kunci : Pemahaman pengguna jasa, sikap peduli, biaya, penampilan fisik,
jaminan keamanan, kehandalan dan keterampilan, dan daya
tanggap pelayanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:37 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1303 |