St, Dusfirah M (2017) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PARIGI KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of DUSPIRAH.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DUSPIRAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan pelayanan
kesehatan pada pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Parigi Kabupaten Wajo
dilihat dari aspek persyaratan pelayanan, prosedur, waktu, biaya, produk spesifikasi
jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan
dan penanganan pengaduan, saran dan masukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisa kepuasan pelayanan kesehatan pada pasien BPJS rawat jalan
Puskesmas Parigi Kabupaten Wajo.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta BPJS yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Parigi
sebanyak 4.911 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel accidental dengan
beberapa kriteria. Selama penelitian terdapat 746 kunjungan dan peneliti
menetapkan sampel sebanyak 95 pasien BPJS yang memenuhi syarat untuk
dijadikan responden. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa
kuensioner, pedoman wawancara, observasi dan telaah dokumen, kemudian
dianalisis menggunakan persentase skoring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelayanan kesehatan pasien
BPJS rawat jalan Puskesmas Parigi Kabupaten Wajo dilihat pada aspek persyaratan
pelayanan, prosedur pelayanan dan biaya pelayanan berada pada kategori “sangat
puas“. Ini bisa dilihat dari mudahnya pasien memenuhi syarat pelayanan yang
ditetapkan puskesmas, alur pelayanan yang gampang dimengerti oleh pasien dan
biaya yang dibebankan ke pasien yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Dari
aspek waktu pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi petugas
pelayanan, perilaku petugas pelayanan, maklumat pelayanan serta penanganan
pengaduan, saran dan masukan berada pada kategori “puas“. Ini dilihat dengan
adanya pelayanan yang biasa terlambat dimulai, beberapa pelayanan laboratorium
yang belum bisa dilaksanakan di puskesmas, banyaknya petugas baru, adanya
petugas yang melayani sambil menggunakan ponsel, masyarakat belum memahami
maklumat pelayanan Puskesmas Parigi dan penanganan pengaduan yang masih
belum maksimal.
Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Kesehatan, Pasien BPJS Rawat Jalan, Puskesmas Parigi Kabupaten Wajo
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 23:46 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 23:46 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1321 |