Sudirman, Haris (2019) OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN SISTEM ANTRIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS ANTANG PERUMNAS MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of SUDIRMAN 201714014.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUDIRMAN 201714014.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Pengguna jasa layanan kesehatan rawat jalan puskesmas dalam hal
ini pasien menuntut pelayanan yang berkualitas, sistem pengaturan antrian
dan proses layanan saat ini di puskesmas antang perumnas bisa jadi
penyebab lambat dan lamanya pelayanan sehingga mempengaruhi tingkat
kepuasan pasien rawat jalan. Tidak hanya menyangkut sistem antrian tetapi
bukti fisik, daya tanggap petugas, dan perhatian petugas terhadap
pengunan mesin antrian juga mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan
pasien rawat jalan di puskesmas antang perumnas terhadap wujud dimensi
tangible,responsiveness,assurance,reliability dan dimensi e mpaty terhadap
sistem antrian yang diterapkan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi adalah
seluruh pasien rawat jalan di puskesmas antang perumnas Kota Makassar.
Sampel sebanyak 100 orang responden dengan prosedur pengambilan
sampel menggunakan rumus slovin. Data dianalisis dengan menggunakan
bantuan SPSS dan menggunakan metode wawancara secara mendalam
kepada pasien rawat jalan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien terdapat
tingkat kepuasan pasien pada variabel responsiveness puas dengan nilai
62,25%, variabel assurance tidak puas dengan nilai 49,25%, variabel
tangible tidak puas dengan nilai 59,08%, variabel empaty puas dengan nilai
64,08%, variabel reliability tidak puas dengan nilai 58,08%. Upaya yang
dilakukan untuk memecahkan persoalan yang terjadi dengan cara
membuatkan standar oprerasional prosedur, pembuatan poster tatacara
pengunaan mesin antrian dan sosialisasi dengan poster x banner cara
pengambilan antrian secara online.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pasien Rawat Jalan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 00:07 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:07 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1337 |