Sriana (2017) PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ASUHAN PERSALINAN DI PUSKESMAS MAJAULENG KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-SRIANA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-SRIANA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi
pasien terhadap kualitas pelayanan asuhan persalinan di Puskesmas
Majauleng Kabupaten Wajo. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganilisa persepsi pasien terhadap kualitas
asuhan persalinan yang diberikan kepada ibu bersalin di Puskesmas
Majauleng Kabupaten Wajo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
sementara tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan
penyebaran kuesioner, adapun hasil penunjang hasil pengukuran data
dari kuesioner dilakukan metode wawancara, observasi dan telaa
dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah target dari cakupan
persalinan tahun 2017 di Puskesmas Majauleng dengan sampel sebesar
80 pasien, dengan tehnik pengambilan sampel yaitu accidental sampling.
Data dianalisa dengan menggunakan analisa statistik deskriptif kuantitatif
dengan bantuan alat analisa skala likert dan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan
bahwa persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan asuhan persalinan di
Puskesmas Majauleng tergolong berkualitas, hal ini dapat dilihat pada (a)
Dimensi Hygiene Factors (faktor hygiene) mendapatkan penilaian yang
positif atau responden merasa puas dengan kualitas pelayanan asuhan
persalinan di Puskesmas Majauleng Kabupaten Wajo. yang dilihat dari
jawaban baik yang diberikan oleh responden yang lebih banyak, hal ini
juga di tunjang dengan hasil wawancara dari informan dan hasil observasi
yang dilakukan yang secara keseluruhan mendapatkan persepsi
pelayanan yang berkualitas. (b) Dimensi Quality enhanching factors
mendapatkan penilaian positif atau responden merasa puas dengan
kualitas pelayanan asuhan persalinan di Puskesmas Majauleng
Kabupaten Wajo, yang dilihat dari jawaban baik yang diberikan responden
yang lebih banyak, hal ini juga di tunjang dengan hasil wawancara dari
informan dan hasil observasi yang dilakukan yang secara keseluruhan
mendapatkan persepsi pelayanan yang berkualitas. (c) Dimensi Dual
Threshold Factors mendapatkan penilaian positif atau responden merasa
puas dengan kualitas pelayanan asuhan persalinan di Puskesmas
Majauleng Kabupaten Wajo, yang dilihat dari jawaban baik yang diberikan
responden yang lebih banyak, hal ini juga di tunjang dengan hasil
wawancara dari informan dan hasil observasi yang dilakukan yang secara
keseluruhan mendapatkan persepsi pelayanan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 00:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:26 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1353 |