PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAMASA

Karyawati, Ma’dika (2016) PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAMASA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamasa berdasarkan UU 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan telaah dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan standar pelayanan publik Bidang Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamasa. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang datang mengurus pada bulan April hingga Mei 2016 dan sampelnya 95 orang, teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik Bidang Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah berjalan sesuai dengan komponen standar pelayanan menurut UndangUndang Nomor 25 Tahun 2009, ini dapat dilihat dari sub variabel Sistem, Mekanisme, dan Prosedur, Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pelaksana, Jaminana Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Penaganan Pengaduan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan dengan persentase nilai rata-rata skor sebesar 71,18% yang masuk dalam kategori Baik. Untuk kekurangan-kekurangan yang ada penulis merekomendasikan agar mengevaluasi kekurangan yang ada seperti melakukan sosialisasi, menambah jumlah pelaksana yang tidak sesuai, penambahan perlengkapan komputer, ruang tunggu dan toilet yang dapat memberi kenyamanan, serta kedepannya lebih meningkatkan standar pelayananannya sebagai mana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 00:45
Last Modified: 21 Aug 2024 00:45
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item
View Item