Besse, Akrariyanti (2017) PELAYANAN RUJUKAN MASYARAKAT MISKIN DI PERAWATAN SAYRA KEBIDANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAMADDUKKELLENG KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of Besse Akrariyanti.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Besse Akrariyanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana pelayanan
rujukan masyarakat miskin di Perawatan Sayra Kebidanan Rumah Sakit
Umum Daerah Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo dan bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis pelayanan rujukan masyarakat miskin di
Perawatan Sayra Kebidanan Rumah Sakit Umum Daerah
Lamaddukelleng Kabupaten Wajo.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi,
telaah dokumen dan wawancara. Jumlah populasi adalah keseluruhan
pasien yang dirawat di Perawatan Sayra Kebidanan dengan kepesertaan
KIS PBI, KIS Mandiri dan Jamkesda dengan jumlah sampel sebesar 70
orang dengan kepesertaan KIS PBI dan Jamkesda. Data dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan rujukan masyarakat
miskin secara menyeluruh yang dilihat dari tiga dimensi kualitas
pelayanan yaitu faktor higienis dengan nilai persentase rata-rata skor
(86%) berada pada kategori baik, untuk faktor peningkat kualitas (83,06%)
berada pada kategori baik dan faktor penyampaian (86,9%). berada pada
kategori baik. Walaupun demikian, tetap masih perlu peningkatan mutu
pelayanan dari faktor higienis, faktor peningkat kualitas dan faktor
penyampaian. Rekomendasi untuk faktor higienis diharapkan petugas
selalu mengikuti seminar kesehatan, workshop maupun pelatihan
kebidanan lainnya serta mengaktifkan drill emergensi. Untuk faktor
peningkat kualitas diharapkan pihak manajemen untuk meningkatkan
kualitas air dalam kamar mandi serta memperhatikan kebersihan kamar
mandi dengan membatasi jumlah penjaga pasien serta memberi
pengertian kepada keluarga pasien tentang penggunaan sarana
prasarana yang hanya diperuntukkan untuk pasien dan penambahan
tenaga dokter ahli kandungan. Serta untuk faktor penyampaian
diharapkan petugas selalu mengikuti pelatihan-pelatihan motivasi dan
pengembangan diri seperti service excellent.
Kata kunci : Rujukan, higienis, peningkat kualitas, penyampaian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 00:41 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:41 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1360 |