Awaluddin (2019) EVALUASI STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-AWALUDDIN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-AWALUDDIN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah Evaluasi Standar Pelayanan Publik
Pada Kantor Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah Evaluasi Standar Pelayanan
Publik di Kantor Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif. Penelitian berlokasi di Kantor Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali
Mandar dengan jumlah informan sebanyak 6 orang yaitu Camat, Sekretaris Camat,
Kasub Seksi Kecamatan, dan Masyarakat penerima layanan sebanyak 3 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan
telaah dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti tahapan
pereduksian, penyajian, dan penyimpulan/pemverifikasian.
Hasil penelitian menunjukkan Penilaian kualitas pelayanan publik di
Kecamatan Mapilli menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam persyaratan
sudah cukup jelas hal ini dibuktikan sudah adanya syarat untuk pelayanan yang
ditempel di dinding kantor kecamtan untuk setiap prosedur pengurusan. Hasil
pengukuran kualitas yang dilakukan pada system prosedur menunjukan bahwa
kualitas pelayanan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurang terampilnya
pegawai dalam menggunakan alat bantu pelayanan misalnya penggunaan computer
dan alat pencetak KTP. Penilaian kualitas pelayanan di Kecamatan Mapilli dalam
jangka waktu kepengurusan menunjukkan bahwa petugas dalam memberikan
pelayanan telah memberikan jaminan tepat waktu, biaya dan legalitas dalam
pelayanan. Biaya dalam proses pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Mapilli
sudah sesuai dengan yang telah di tentukan dalam peraturan yang barlaku.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pelayanan yang dihasilkan
di Kantor Kecamatan Mapilli berupa surat pengantar untuk pengurusan KK, KTP,
SKCK, IMB dan legalitas lainnya. Penilaian kualitas pelayanan di Kecamatan Mapilli
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh
ketidakramahan pegawai dalam melayani masyarakat yaitu kurangnya sikap empati
dari petugas pelayanan yang tidak memberikan senyum, sapa dan salam ketika
melakukan pelayanan. Petugas terkesan kurang peduli ketika memberikan
pelayanan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan.
Kata Kunci : Pelayanan public,Standar pelayanan, Kantor Kecamatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 00:44 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:44 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1361 |