Rosnawary, Basir (2019) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-ROSNAWARY OK.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-ROSNAWARY OK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak dalam upaya
peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Melalui pengukuran tersebut,
maka dapat diketahui sejauh mana dimensi-dimensi mutu pelayanan
kesehatan yang telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Larompong
Kabupaten Luwu tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara mutu layanan kesehatan
terhadap kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Larompong Kabupaten
Luwu. Metode penarikan sampel adalah accidental sampling. Sampel
adalah pasien rawat jalan Puskesmas Larompong Kabupaten Luwu tahun
2019 berjumlah 128 orang, dengan perincian yaitu 30 responden untuk uji
validitas dan reliabilitas kuesioner pertanyaan, dan 98 responden untuk
survei kepuasan pelanggan. Metode analisis data penelitian yang
digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square
menggunakan alat bantu komputasi SPSS versi 24.0 for windows.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa
terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan berdasarkan
kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, kenyamanan, hubungan
antar manusia, serta ketepatan waktu terhadap kepuasan pasien rawat
jalan di Puskesmas Larompong Kabupaten Luwu tahun 2019. Hal tersebut
sesuai dengan teori dimensi mutu pelayanan kesehatan yang
dikemukakan oleh Pohan. Melalui penelitian ini, sebaiknya petugas
kesehatan lebih ramah dalam merespon dan menanggapi keluhan pasien,
kelengkapan peralatan penunjang pelayanan lebih ditingkatkan,
kebersihan dan kenyamanan terutama diruang tunggu serta petugas
diharapkan untuk lebih tepat waktu dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci : Mutu, Pelayanan Kesehatan, dan Kepuasan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 01:10 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1380 |