KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH IBU DAN ANAK PERTIWI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Mustapa (2016) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH IBU DAN ANAK PERTIWI PROVINSI SULAWESI SELATAN. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah
“Bagaimanakah kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Khusus
Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan di tinjau dari
dimensi 1) Ketepatan waktu pelayanan; 2) Akurasi pelayanan;
3) Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan;
4) Tanggungjawab; 5) Kemudahan mendapatkan pelayanan;
6) Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan terhadap kualitas
pelayanan di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui secara jelas kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit
Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah keluarga pasien/pasien yang dirawat diruang rawat inap dengan
minimal 2 hari perawatan. Teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling yakni pengambilan sampel secara sengaja sesuai
dengan persyaratan sampel yang diperlukan dengan jumlah responden
sebanyak 176 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Pada indikator
ketepatan waktu pelayanan berada dalam kategori setuju dengan ratarata skor 3,47 dan rata-rata persentase sebanyak 86.67% atau
berkualitas. Pada Indikator akurasi pelayanan termasuk dalam kategori
setuju dengan rata-rata skor 3,29 dan rata-rata persentase 82,13
(berkualitas). Pada Indikator kesopanan dan keramahan dalam
memberikan pelayanan berada dalam kategori setuju dengan rata-rata
skor 3,33 dan rata-rata persentase 83,25 (berkualitas). Pada Indikator
tanggungjawab termasuk dalam kategori setuju dimana rata-rata skor 3,34
dan persentase 83,38% atau berkualitas. Pada Indikator kemudahan
dalam mendapatkan pelayanan termasuk dalam kategori setuju dengan
3,30 dan berkualitas dengan rata-rata persentase 82,50%. Pada Indikator
kenyamanan dalam memperoleh pelayanan berada dalam kategori setuju
dengan skor rata-rata 3,33 dan berkualitas dengan rata-rata persentase
83,25%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:13
Last Modified: 21 Aug 2024 01:13
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item
View Item