Arianti (2018) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS PALANRO KABUPATEN BARRU. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
tesis-arianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan
rawat inap di Puskesmas Palanro Kabupaten Barru. Variabel penelitian ini adalah
persyaratan, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi dan perilaku pegawai, maklumat pelayanan, penanganan pengaduan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif, menggunakan teknik pusposive sampling. Instrumen penelitian
dengan cara penyebaran kuesioner kepada seratus empat responden pada pasien
rawat inap dari bulan Desember 2017 sampai Februari 2018. Teknik analisa data
dalam bentuk gradasi menggunakan skala Likers pada masing-masing variabel. Hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan rawat inap
di Puskesmas Palanro Kabupaten Barru dilihat dari aspek persyaratan termasuk
kategori mudah dipenuhi, hal ini dibuktikan bahwa masyarakat dapat berobat tanpa
persyaratan yang sulit dan telah melakukan kunjungan 1-2 kali setahun, dari aspek
waktu pelayanan kategori cukup, karena ketenagaan dokter layanan primer
masih berstatus 2 orang, dari aspek biaya/tarif kategori cukup baik/puas melayani
pasien peserta BPJS 22.008 pengguna Jamkesda ada 296 orang, dari aspek
produk spesifikasi jenis pelayanan kategori cukup baik/lengkap, beberapa
peralatan masih baik dan juga ada yang sudah rusak, dari aspek kompetensi dan
perilaku pegawai kategori cukup baik terbukti Bagian Rawat Inap memiliki tingkat
pendidikan sesuai profesinya dibidang perawatan, aspek maklumat pelaksana
kategori cukup puas/baik terbukti setiap pasien telah ditangani sesuai standar
operasional prosedur keperawatan, aspek penanganan pengaduan kategori cukup
baik terbukti pimpinan dan pegawai bagian rawat inap memiliki niat dan
keseriusan melayani pengaduan yakni menyediakan kotak saran, memiliki buku
pencatatan pengaduan, ada alur dan mekanisme menangani pengaduan dan selalu
tersedia petugas yang bertanggungjawab menangani pengaduan dan ada
tindakan setiap ada pengaduan dari pasien, keluarga pasien dan masyarakat. Untuk
mencapai pelayanan prima, maka disarankan pimpinan dan pegawai Bagian Rawat
Inap Puskesmas Palanro harus tegas, konsisten dan tidak diskriminatif penggunaan
KTP, kartu BPJS, terus mengusulkan dan menambah kekurangan dokter,
menyiapkan kekurangan fasilitas ruang inap, seperti air conditioner (AC) dan
mengganti prasarana lain yang telah rusak, meningkatkan lagi kompetensi seluruh
pegawai melalui pendidikan formal lanjutan, misalnya di STIA LAN, diklat, mengikuti
seminar, simposium kesehatan, dan melakukan evaluasi secara periodik untuk
meyakinkan seluruh pegawai tetap konsisten bekerja sesuai prosedur
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2018 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1441 |