KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI KANDUNGAN RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR

Asmirati, Yakob (2018) KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI KANDUNGAN RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of tesis-asmirati yakob.pdf] Text
tesis-asmirati yakob.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah “Kepuasan Pasien Rawat
Jalan Di Poli Kandungan RSKD Ibu Dan Anak Pertiwi Makassar”.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menjelaskan kepuasan pasien rawat jalan khususnya di Poli
Kandungan RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriktif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dan/atau keluarga pasien unit
rawat jalan di Poli Kandungan RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar. Teknik
sampling yang di gunakan adalah sampling aksidental sebanyak 97 orang.
Analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah teknik pengolahan
data dengan mengunakan komputer dengan analisa univariat, yaitu
menganali satiap variabel dari hasil penelitian untuk memperoleh gambaran
umum tentang analisa kepuasan pasien pada unit rawat jalan Poli
Kandungan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien pada instalasi
Poli Kandungan di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar di tinjau dari aspek
Reabilitas (Reliability) sangat puas dengan nilai persentase skor 85,50%.
Kepuasan pasien pada instalasi Poli Kandungan di tinjau dari aspek Jaminan
(Assurance) sangat puas dengan nilai skor persentase 85,90%. Kepuasan
pasien pada instalasi Poli Kandungan di tinjau dari aspek Bukti Fisik
(Tangibles) sangat puas dengan nilai persentase 85,85%. Kepuasan pasien
pada instalasi Poli Kandungan di tinjau dari aspek Empati (Empathy) sangat
puas dengan nilai skor persentase 85,85%. Kepuasan pasien pada instalasi
Poli Kandungan di tinjau dari aspek Daya Tanggap (Responsiveness) sangat
puas dengan nilai skor persentase 85,46%. Mengingat kualitas pelayanan
sangat berhubungan dengan tingkat kepuasan pelanggan yang datang
berkunjung ke Poli Kandungan untuk memeriksakan kandungannya, maka di
sarankan untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap
pelayanan yang ada di instalasi rawat jalan Poli Kandungan, pada kelima
dimensi kepuasan pelayanan dengan memberikan pelayanan prima yaitu
layanan terbaik yang mengutamakan kepedulian terhadap pasien sehingga
pasien merasa puas atas layanan yang diterimanya.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien Poli Kandungan di RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2018
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:21
Last Modified: 21 Aug 2024 03:21
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item
View Item