Stefanus, Lewotukan (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LEWOLEBA KCAMATAN NUBATUKAN KABUPATEN LEMBATA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS STEF.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS STEF.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana
kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Lewoleba Kecamatan
Nubatukan Kabupaten Lembata. berdasarkan permasalahan tersebut maka
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan
di Puskesmas Lewoleba Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian deskriptif
kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan manfaat dalam tujuan deskriptif
dengan menggunakan perangkat kuesioner untuk menguji indikator yang digunakan
mengukur kualitas pelayanan pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas
Lewoleba Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata. Teknik sampling yang
digunakan adalah aksidental dengan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin,
sehingga sampel penelitian berjumlah 99 orang pasien rawat jalan yang datang ke
puskesmas Lewoleba.Teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, telaah
dokumen, observasi.Teknik Pengolahan dan analisis data menggunakan metode
statistik deskriptif, analisis data menggunakan skala likert
Hasil penelitian menunjukan (1) Aspek Tangibles (Bukti Langsung) berada
pada kategori sangat baik atau berkualitas, namun masih ada pendapat yang
mengatakan kurang baik yaitu indikator peralatan kesehatan yang memadai, gedung
puskesmas yang bersih dan terawat, ruangan tunggu yang memadai untuk
menampung pasien yang datang dan ruangan pemeriksaan yang memadai. (2)
Aspek Realibiliti (Kehandalan) berada pada kategori sangat baik atau berkualitas
namun masih ada pendapat yang mengatakan kurang baik yaitu indikator petugas
datang tepat waktu , dan prosedur penerimaan pasien dilayani secara cepat dan
tidak berbelit-belit, (3) Aspek Responsiveness (daya Tanggap) berada pada kategori
sangat baik atau berkualitas, namun masih ada pendapat yang mengatakan kurang
baik yaitu indikator petugas puskesmas/perawat memberitahu bila ada
keterlambatan pemeriksaan pasien, dan petugas medis cepat tanggap melayani
pasien (4) Assurance sangat baik atau berkualitas (5) Empahty sangat baik atau
berkualitas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2017 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:42 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:42 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1462 |