PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG

Sudirman (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 07. KATA PENGANTAR.pdf] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 09. ABSTRACT.pdf] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dijadikan sebagai pedoman
dalam rangka menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat yang bertujuan
untuk memberikan kepastian agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang
berkualitas, cepat, sederhana, dan terjangkau. Standar pelayanan perlu dirancang
pada Kantor Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang agar masyarakat bisa
terlebih mengetahui apa yang menjadi persyaratan, alur proses pelayanan, atau
biaya pelayanan yang ada. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh
kepastian dan keterbukaan informasi mengenai pelayanan publik, Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui standar pelayanan pada Kantor Kantor Kecamatan
Buntu Batu Kabupaten Enrekang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk
memahami dan mendeskripsikan permasalahan yang ada di Kantor Kecamatan
Buntu Batu Kabupaten Enrekang terkait Standar Pelayanan. Penelitian ini
menggunakan validasi data dengan metode Triangulasi Teknik dan Triangulasi
Sumber Penyusunan standar pelayanan yang telah disusun menggunakan
metode Wawancara, Observasi, dan Telaah dokumen serta metode Focused
Group Discussion. Focus Group Discussion dilakukan Bersama Camat Buntu Batu
atau yang Mewakili, Kepala Seksi Pelayanan Umum dan pegawai beserta Staf
Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, dan beberapa perwakilan
masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam
keterlibatannya menyusun standar pelayanan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya masalah terkait standar pelayanan
pada Kantor Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang karena tidak memiliki
standar pelayanan yang dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam
menggunakan pelayanan publik. Maka dari itu peneliti menawarkan dan membuat
empat Standar Pelayanan yaitu Standar Pelayanan Kartu Keluarga, Standar
Pelayanan Kartu Tanda Penduduk, Standar Pelayanan Surat Keterangan Tidak
Mampu, Standar Pelayanan Surat Keterangan Pindah Penduduk di Kantor
Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Masyarakat, Kantor
Kecamatan Buntu Batu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:50
Last Modified: 21 Aug 2024 06:50
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item
View Item