Sudirman (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (67kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (142kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (159kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (137kB)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (66kB)
09. ABSTRACT.pdf
Download (150kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (119kB)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (218kB)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (671kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (123kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dijadikan sebagai pedoman
dalam rangka menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat yang bertujuan
untuk memberikan kepastian agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang
berkualitas, cepat, sederhana, dan terjangkau. Standar pelayanan perlu dirancang
pada Kantor Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang agar masyarakat bisa
terlebih mengetahui apa yang menjadi persyaratan, alur proses pelayanan, atau
biaya pelayanan yang ada. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh
kepastian dan keterbukaan informasi mengenai pelayanan publik, Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui standar pelayanan pada Kantor Kantor Kecamatan
Buntu Batu Kabupaten Enrekang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk
memahami dan mendeskripsikan permasalahan yang ada di Kantor Kecamatan
Buntu Batu Kabupaten Enrekang terkait Standar Pelayanan. Penelitian ini
menggunakan validasi data dengan metode Triangulasi Teknik dan Triangulasi
Sumber Penyusunan standar pelayanan yang telah disusun menggunakan
metode Wawancara, Observasi, dan Telaah dokumen serta metode Focused
Group Discussion. Focus Group Discussion dilakukan Bersama Camat Buntu Batu
atau yang Mewakili, Kepala Seksi Pelayanan Umum dan pegawai beserta Staf
Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, dan beberapa perwakilan
masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam
keterlibatannya menyusun standar pelayanan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya masalah terkait standar pelayanan
pada Kantor Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang karena tidak memiliki
standar pelayanan yang dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam
menggunakan pelayanan publik. Maka dari itu peneliti menawarkan dan membuat
empat Standar Pelayanan yaitu Standar Pelayanan Kartu Keluarga, Standar
Pelayanan Kartu Tanda Penduduk, Standar Pelayanan Surat Keterangan Tidak
Mampu, Standar Pelayanan Surat Keterangan Pindah Penduduk di Kantor
Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Masyarakat, Kantor
Kecamatan Buntu Batu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024 Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:50 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1488 |