ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS MANIANGPAJO KABUPATEN WAJO

Indo, Asse Tengnge (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS MANIANGPAJO KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS INDO ASSE.pdf] Text
TESIS INDO ASSE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah
kualitas pelayanan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di
Puskesmas Maniangpajo ditinjau dari indikator persyaratan, prosedur,
Kompetensi Petugas, Perilaku petugas, Maklumat Pelayanan, dan
Penanganan pengaduan, saran dan masukan, dengan tujuan yang ingin
dicapai adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan pasien peserta JKN
di Puskesmas Maniangpajo kabupaten Wajo. Indikator pengukuran
kualitas pelayanan yang digunakan pada penelitian ini adalah
PERMEMPAN nomor 16 Tahun 2014.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai
instrumen utama untuk mengumpulkan data. Populasi pada penelitian ini
adalah semua pasien peserta JKN yang berkunjung di Puskesmas
Maniangpajo selama dua bulan penelitian sedang sampel yang diambil
menggunakan metode purpossive sampling, dengan demikian maka
sampel penelitian ini berjumlah 148 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien
peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) di Puskesmas Maniangpajo
ditinjau dari indikator (1)persyaratan pelayanan cenderung menilai
berkualitas walaupun masih ada yang menilai kurang berkualitas, (2)
prosedur pelayanan pasien sudah cenderung berkualitas walaupun masih
ada yang menilai kurang berkualitas, (3) Kompetensi Petugas cenderung
berkualitas walaupun masih ada yang menilai kurang berkualitas, (4)
Perilaku petugas sudah cenderung dinilai berkualitas walaupun masih ada
yang menilai kurang berkualitas, (5) Maklumat Pelayanan, dan
Penanganan pengaduan cenderung dinilai berkualitas walaupun masih
ada yang menilai kurang berkualitas, (6) saran dan masukan sudah
berkualitas menurut penilaian responden walaupun masih ada sebagian
kecil yang menilai kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:58
Last Modified: 21 Aug 2024 06:58
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item
View Item