KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK PADA PUSKESMAS KOELODA KABUPATEN NGADA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Silfani Sarlota Dula Dopo, Silfani (2018) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK PADA PUSKESMAS KOELODA KABUPATEN NGADA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. tesis Silvani 2018.pdf] Text
1. tesis Silvani 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan
Puskesmas Koeloda Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Model
berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan melalui
enam aspek yaitu Profesional, Perilaku, Akses, Kepercayaan, Perbaikan,
Reputasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan pernyebaran kuesioner,
wawancara, observasi, telaah dokumen dengan informan sebanyak 81 orang.
Satu orang Bidan Kooordinasi Kesehatan Ibu dan Anak dan Kepala Puskesmas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan bahwa
persepsi pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Pada
Puskesmas Koeloda dikatakan berkualitas. Dapat dilihat dari enam aspek yaitu
(1) Aspek Profesional (Profesionalisme) dimana responden menyatakan bahwa
tenaga kesehatan puskesmas koeloda khususnya pada pelayanan KIA sangat
profesional dengan nilai 49,38%, dimana hasil wawancara dan hasil observasi
yang mendapatkan persepsi yang sangat baik dari responden. (2) Aspek Perilaku
(Behavior) dimana responden menyatakan bahwa perilaku tenaga kesehatan pada
pelayanan KIA adalah berperilaku baik 53,91%, dimana hasil wawancara dan
hasil observasi yang mendapatkan persepsi yang baik dari responden. (3) Aspek
Akses (Accessibility) dimana responden menyatakan bahwa akses untuk
mendapatkan pelayanan KIA adalah mudah dengan hasil 57,61%, dimana hasil
wawancara dan hasil observasi yang mendapatkan persepsi yang baik dari
responden. (4) Aspek Kepercayaan (Trusworthiness) dimana responden sangat
percaya terhadap pelayanan KIA pada puskesmas koeloda dengan hasil 47,74%, dimana hasil wawancara dan hasil observasi yang mendapatkan persepsi yang
sangat baik. (5) Aspek Perbaikan (Recorvery) dimana responden memberikan
pernyataan bahwa ada perbaikkan pada puskesmas koeloda dengan hasil 53,50%,
ditunjang dengan hasil wawancara dan hasil observasi yang mendapatkan
persepsi yang baik. (6) Aspek Reputasi (Reputation) dimana responden
memberikan pernyataan bahwa reputasi puskesmas koeloda baik dengan nilai
56,79%, dimana hasil wawancara dan observasi mendapatkan persepsi yang
baik. Oleh karena itu diharapkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
pada Puskesmas Koeloda Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur lebih
ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:13
Last Modified: 20 Jan 2022 01:13
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item