ANALISISMUTU PELAYANAN RADIOLOGIPASIEN RAWATJALAN DI RUMAH SAKITTK. II PELAMONIA MAKASSAR

Sultan (2018) ANALISISMUTU PELAYANAN RADIOLOGIPASIEN RAWATJALAN DI RUMAH SAKITTK. II PELAMONIA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of SULTAN--TESIS.pdf] Text
SULTAN--TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia Makassar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia Makassar dinilai dari perspektif pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung ke radiologi untuk melakukan pemeriksaan pada saat penelitian berlangsung. Adapun sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling aksidental, sehingga didapat sampel pada penelitian ini berjumlah 150 orang. Teknik pengumpulan data terdiri atas kuisioner, wawancara, observasi, telaah dokumen dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan tabel frekuensi, persentase dan skor rata-rata yang kemudian dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia dilihat dari aspek akses berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa Rumah sakit Pelamonia sangat mudah dijangkau dari transportasi umum dan letak pelayanan radiologi dekat dengan poliklinik dan Unit Gawat Darurat; aspek pilihan dan pastisipasi berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa setiap pasien diberi kesempatan untuk memilih jenis pemeriksaan dan penejlasan mengenai informant consent; aspek informasi berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa petugas memperkenalkan diri sebelum pemeriksaan dan memberikan penjelasan prosedur pemeriksaan; dan aspek kualitas berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa petugas memberikan pelayanan yang baik dan sopan dalam melakukan pemeriksaan; sedangkan aspek mekanisme pengaduan konsumen berada pada kategori bermutu yang menunjukkan bahwa petugas tanggap terhadap keluhan dengan menyiapkan alur, kotak saran dan mekaniisme pengaduan pasien. Secara keseluruhan pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia dapat memenuhi harapan pasien. Oleh karena itu, sebaiknya mutu pelayanan radiologi pasien rawat jalan di rumah sakit TK.II Pelamonia dipertahankan dan atau ditingkatkan sehingga semakin banyak orang yang memilih untuk melakukan pemeriksaan radiologi di rumah sakit TK.II Pelamonia Makassar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2018
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 00:18
Last Modified: 22 Aug 2024 00:18
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item
View Item