Heronimus, Due (2016) KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BAJAWA KABUPATEN NGADA PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
TESIS HERONIMUS DUE.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah cakupan indikator pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa Kabupaten Ngada Propinsi Nusa Tenggara Timur yang fluktuatif bahkan cenderung menurun sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2014. Yang termasuk data indikator pelayanan adalah data jumlah kunjungan yang fluktuatif, data persentase pemakaian tempat tidur cenderung meningkat lalu menurun dan belum mencapai standar nasional, angka kematian kasar dan angka kematian pasien yang dirawat kurang dari 48 jam yang masih tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa Kabupaten Ngada Propinsi Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan adalah kuantitatif - deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, telaah dokumen dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang dirawat pada ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa pada bulan Maret tahun 2016, dengan jumlah sampel sebanyak 221 orang, yang ditarik dengan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Data dianalisa dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dimensi tangibles cenderung belum berkualitas sepenuhnya, maka diharapkan direktur dan jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Bajawa memberikan perhatian terhadap kerapihan pakaian perawat dan melengkapi sarana komunikasi pada kamar perawatan pasien sehingga mudah berintegrasi dengan perawat yang berada di ruang jaga; (2) Dimensi realibility cenderung belum berkualitas sepenuhnya, maka diharapkan perawat dapat belajar dan mengasah ketrampilan sehingga tidak ragu ragu dalam memberikan tindakan dalam asuhan keperawatan; (3) Dimensi empathy cenderung belum berkualitas sepenuhnya, maka diharapkan perawat untuk lebih peduli dengan keadaan pasien di ruang rawat dan memperkenalkan diri sebelum melakukan tindakan serta berkomunikasi baik terhadap pasien dan keluarga yang mendampingi pasien; (4) Dimensi responsivinnes cenderung belum berkualitas sepenuhnya, maka diharapkankan perawat untuk memberikan respon secara cepat ketika dibutuhkan pasien dan menawarkan bantuan baik diminta maupun tidak diminta; (5) Dimensi assurance cenderung belum berkualitas sepenuhnya, maka diharapkan agar perawat mampu meyakinkan pasien tentang tindakan yang dilakukannya bertujuan untuk keamanan pasien.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2016 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 00:27 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 00:27 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1517 |