Nur, Antik (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN PADA PUSKESMAS ABENAHO KABUPATEN YALIMO PROPINSI PAPUA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of TESIS-NUR ANTIK.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-NUR ANTIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pelayanan Pasien pada Puskesmas Abenaho Kabupaten Yalimo Propinsi Papua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tingkat eksplanasi deskriftif yang menggambarkan serta mengamati secara mendalam tentang analisis kualitas pelayanan pada pasien di Puskesmas Abenaho Kabupaten Yalimo. Di samping itu, penelitian ini menggunakan desain penelitian terapan. Sumber data dalam penelitian ini di ambil dari 5 orang pegawai di Puskesmas Abenaho Kabupaten Yalimo dan 11 orang dari pasien yang datang berobat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pasien di Puskesmas Abenaho yaitu: 1) Reliability (Kehandalan), berdasarkan hasil penelitian cukup baik ditunjukkan dengan Puskesmas di buka sesuai jadwal yang ditentukan, dokter, perawat, melakukan pelayanan sesuai jadwal, serta petugas memberikan pelayanan dengan cepat meskipun terkadang dokter lambat melayani pasien. 2) Responsiveness (Daya Tanggap), berdasarkan hasil penelitian baik ditunjukkan dengan Puskesmas Abenaho lokasi pelayanan mudah di akses, letak alur yang muda di lihat karena tertempel di dinding serta adanya tanggapan dari petugas untuk mendengarkan keluhan pasien. 3) Assurence (Jaminan), berdasarkan hasil penelitian baik ditunjukkan dengan dokter melakukan pemeriksaan fisik sesuai keahliannya, petugas memberikan pelayanan dengan terampil, petugas melakukan komunikasi kepada ibu hamil sesuai keahliannya, serta dokter memberikan resep obat sesuai standar kesehatan. 4) Empathy (Empati), berdasarkan hasil penelitian baik ditunjukkan dengan kepedulian dan perhatian dokter dan perawat menjelaskan pentingnya makanan yang bergizi serta dokter/perawat sabar melayani pasien. 5) Tangibles (Bukti Fisik), berdasarkan hasil penelitian cukup baik ditunjukkan dengan dilengkapinya ruang tunggu dan kebersihan serta kerapian ruangan yang tersusun dengan rapi dan bersih.
Kata Kunci : Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Abenaho Kabupaten Yalimo Propinsi Papua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2019 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 00:47 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 00:47 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1529 |