ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA MAKASSAR

Ramli, Ramli (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. TESIS-RAMLI.pdf] Text
1. TESIS-RAMLI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan kesehatan di unit
instalasi gawat darurat RSUD Kota Makassar, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas dan menganalisis kualitas Pelayanan kesehatan di Unit
Instalasi Gawat Darurat RSUD Kota Makassar yang terdiri atas indikator Struktur
(input), prosses, dan outcome.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan metode
deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Unit Instalasi Gawat Darurat RSUD Kota
Makassar dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental
sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 orang pasien.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan kesehatan di
unit IGD ditinjau dari aspek stuktur (Input) yang mencakup kemampuan petugas,
ketersediaan peralatan, ketersedian obat-obatan, kelengkapan sarana
penunjang, akses unit rawat IGD dan kenyamanan pasien termasuk dalam
kategori berkualitas. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas struktur pelayanan
kesehatan di unit IGD dalam kategori baik dengan sumber daya yang dimiliki unit
IGD sesuai dengan harapan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan di unit IGD
ditinjau dari aspek proses yang mencakup: hubungan interpersonal, kecepatan
pelayanan, pemeriksaan kesehatan, penjelasan petugas, dan pencatatan
termasuk dalam kategori berkualitas. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas
proses pelayanan kesehatan di unit IGD dalam kategori baik dengan interaksi
antara petugas dan pasien IGD terjalin dengan baik dan memenuhi standar
kriteria pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien sebagai penerima
layanan. Kualitas pelayanan di unit IGD ditinjau dari aspek outcome yang
mencakup kepuasan pasien unit IGD setelah menerima pelayanan dalam
kategori berkualitas. Loyalitas kunjungan pasien di unit IGD dapat dilihat dari
pasien yang merasa puas dalam menerima pelayanan kesehatan di unit IGD
sehingga setelah pasien memperoleh layanan akan memberikan tanggapan
positif dan merekomendasikan keluarganya untuk memeriksa kondisi kesehatan
dan mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan di Unit IGD RSUD kota
Makassar karena merasa puas dengan pelayan yang diberikan. Pencapaian
yang baik dari aspek outcome ini tidak terlepas dari kualitas struktur dan proses
yang baik. Adapun yang menjadi saran dan rekomendasi agar pihak RSUD kota
Makassar khususnya Unit IGD agar menjaga dan tetap meningkatkan kualitas
pelayanan dari aspek struktur, proses dan outcome dalam mewujudkan Visi dan
Misi RSUD kota Makassar menjadi rumah sakit berstandar kota dunia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Unnamed user with email eko.lansmd@gmail.com
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:19
Last Modified: 20 Jan 2022 01:19
URI: http://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item