IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN ENREKANG (Peraturan Bupati Kabupaten Enrekang No. 06 Tahun 2016 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar)

Muhammad, Awaluddin (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN ENREKANG (Peraturan Bupati Kabupaten Enrekang No. 06 Tahun 2016 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar). Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of MUHAMMAD AWALUDDIN.pdf] Text
MUHAMMAD AWALUDDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Enrekang. Penelitian ini memiliki manfaat yakni:1) Akedemik, untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan retribusi pelayanan pasar, kepustakaan dan dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan analisis yang sejenis. 2) Praktis, untuk memberi masukan kepada Pemerintah Kabupaten Enrekang tentang pentingnya implementasi kebijakan retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan publik bagi pedagang selaku pengguna pasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Wawancara, 2. Observasi, 3, Studi Dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1. Pengumpulan Data, 2. Reduksi Data, 3. Sajian Data. 4. Kesimpulan/Verifikasi. Adapun informan dalam penelitian ini yakni: 1. Pejabat Kantor Dinas Pengelolahan Keungan dan Aset Daerah di Kabupaten Enrekang yang melaksanakan fungsi sebagai pengelola Keuangan Daerah. 2. Kepala Bidang Pasar yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Enrekang. 3. Kepala UPT Pengelolaan Pasar. 4. Petugas Pemungutan (Kolektor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variable 1) mengorganisasikan, 2) Pergerakan dan kepemimpinan, 3) Pengendalian Pelaksanaannya sudah menunjukkan hasil yang baik dan sudah sesuai dengan Keputusan Bupati Enrekang Nomor 03 Tahun 2002 dan Perdagangan Kabupaten Enrekang dan Peraturan Bupati nomor 06 tahun 2016 tentang retribusi pelayanan pasar. Namun pada variabel mengorganisasikan teridentifikasi satu indikatornya dalam pelaksanaan kebijakan retribusi pasar yang tidak maksimal yakni efektifitas kepemimpinan. Saran penelitan mengharapkan agar Kepala bidang pasar dan UPT pengelola pasar agar daya respon dan intensitas pengawasan terhadap bawahannya sebaiknya dilaksanakan setiap hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:18
Last Modified: 22 Aug 2024 01:18
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item
View Item