FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI SULAWESI BARAT

Fatmasari (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI SULAWESI BARAT. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS-FATMASARI.pdf] Text
TESIS-FATMASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas, menganalisis dan menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan Instalasi Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Variabel penelitian ini adalah kompetensi, pembiayaan, ambience, sistem informasi, hubungan antar manusia, kenyamanan dan keisitimewaan, waktu pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan teknik sampling accidental. Instrumen penelitian dengan cara penyebaran kuesioner kepada seratus empat responden pada pasien peserta BPJS. Teknik analisa data dalam bentuk gradasi menggunakan skala Likers pada masing-masing variabel. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan Instalasi Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi dari faktor kompetensi, pembiayaan, ambience, sistem informasi, hubungan antar manusia, kenyamanan dan keistimewaan, dan serta waktu pelayanan tergolong cukup puas, karena tenaga medis memiliki keberanian bertindak, meski kurang populer, nota penagihan terinci total biaya dan tidak ada biaya tambahan lain diluar ketentuan kepesertaan BPJS, aman dan bersih, ruangan inap masih terawat, tersedia alur informasi bagi peserta BPJS, para medis cukup ramah dan santun meski daya tanggap dokter ahli dikeluhkan pasien karena jumlahnya kurang, ruang tunggu nyaman dan bersih, area parkir luas, hanya saja jaringan wi-fi tidak terkoneksi dengan baik, cukup efektif dan efisiensi pelayanan BPJS, karena terdapat kantor perwakilan di area rumah sakit. Hal ini juga diperkuat dengan hasil wawancara langsung dengan responden dan observasi peneliti serta telaah dokumen. Untuk mencapai pelayanan prima, maka disarankan pengelola RSUD Provinsi Sulawesi Barat harus menambah pendidikan dokter ahli, menyewa jasa cleaning service profesional, meningkatkan keramahan seluruh pegawai, dokter dan perawat, pasang jaringan wi-fi kapasitas tinggi, menggunakan jasa parkir profesional agar keamanan dan pendapatan retribusi terjamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:31
Last Modified: 22 Aug 2024 01:31
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item
View Item