ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BUTON PROPINSI SULAWESI TENGGARA

Fithri (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BUTON PROPINSI SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of NINGSIH.pdf] Text
NINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kualitas pelayanan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton Propinsi Sulawesi Tenggara”. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton Propinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan telaah dokumen. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton pada bulan April sampai Juni dengan jumlah 88 orang. Adapun sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Dengan demikian maka sampel penelitian ini adalah sama dengan jumlah populasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan hasil wawancara dari beberapa orang informan yaitu 4 orang pasien pada masing-masing kelas perawatan dan 1 orang dari pihak manajemen rumah sakit (Kepala Seksi Pelayanan Medik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien rawat inap secara keseluruhan berkualitas, namun bila dilihat dari beberapa dimensi, memiliki hasil dengan kategori yang berbeda. Untuk dimensi ketepatan waktu, hasil yang diperoleh dengan kategori berkualitas (skor akhir 3,91), pada dimensi informasi memperoleh hasil dengan kategori cukup berkualitas (skor akhir 2,84), untuk dimensi kompetensi teknis memberi hasil dengan kategori berkualitas (skor akhir 3,57), sedangkan dimensi hubungan antar manusia memberi hasil dengan kategori berkualitas (skor akhir 3,62) dan dimensi lingkungan menghasilkan kategori cukup berkualitas (skor akhir 2,87).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2016
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:42
Last Modified: 22 Aug 2024 01:42
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item
View Item