Idawati (2018) ANALISIS KINERJA PUSKESMAS MADELLO KABUPATEN BARRUANALISIS KINERJA PUSKESMAS MADELLO KABUPATEN BARRU. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
IDAWATI-TESIS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja
Puskesmas Madello Kabupaten Barru. Berdasarkan permasalahan tersebut
maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja
Puskesmas Madello Kabupaten Barru.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data, telaah dokumen,
wawancara dan observasi. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data
yaitu, pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan
penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian kinerja pelaksanan pelayanan kesehatan:Promosi
Kesehatan, Kesehatan lingkungan, Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga
Berencana, Gizi serta Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kategori
kurang baik, disebabkan kurangnya: keterpaduan lintas program ,lintas
sektor, partisipasi masyarakat, bimbingan dan pembinaan, anggaran, kendaraan operasional, tenaga yang tidak kompeten, penggunaan angka
proyeksi serta kepemimpinan yang tidak efektif. Sedangkan rawat jalan
dan rawat inap kategori baik. Pelaksanaan manajemen puskemas kategori
kurang baik, Pada perencanaan puskesmas mekanisme penyusunan RUK
dan RPK tidak sesuai waktu dan kebutuhan masyarakat.Lokakaryamini tidak
terlaksana sesuai dengan frekuensi dan waktu,serta rendahnya partisifasi
lintas sektor. Penilaian kinerja tahunan tidak konsisten dilaksanakan. Puskesmas Madello harus menerapkan keterpaduan dan kesinambungan,
kemandirian masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan menetapkan target
yang realistis serta melakukan tata kerja dengan membentuk forum yang
berperan sebagai mitra kerja puskesmas. Dinas Kesehatan Kab.Barru untuk
meningkatkan bimbingan dan pembinaan, anggaran, kendaraan operasional
serta menempatkan tenaga sesuai kompetensi. Membuat perencanaan
dengan menyusun RUK dan RPK sesuai waktu dan kebutuhan masyarakat,
melibatkan lintas sektor yang lebih banyak dalam kegiatan lokakaryamini dan
konsisten melakukan penilaan kinerja baik internal maupun eksternal dalam
rangka akuntabilitas.
Kata Kunci : Kinerja, Puskesmas Madello, Pemerintah Kabupaten
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Tesis > 2018 Tesis |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:54 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1573 |