KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DI INSTALASI RAWATINAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SIWA KABUPATEN WAJO

Suratna (2017) KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DI INSTALASI RAWATINAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SIWA KABUPATEN WAJO. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of TESIS-SURATNA.pdf] Text
TESIS-SURATNA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perawat di instalasi rawai inap Rumah Sakit Umum Daerah Siwa Kabupaten Wajo. Indikator penilaian dalam penelitian ini yaitu aspek kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability).

Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang didasarkan pada data kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah analisis rata – rata. Sementara tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar kuesioner. Adapun untuk menunjang hasil pengukuran data dari kuisioner dilakukan juga metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang dihasilakn menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa skor rata – rata tanggapan responden terhadap aspek kemampuan (ability) sebesar 3,05 (61%), aspek sikap (attitude) sebesar 3,2 (64%) berada pada kategori berkualitas, aspek penampilan (appearance) sebesar 3,7 (75%) berada pada kategori berkualitas, aspek tanggungjawab (accountability) sebesar 3,05 (61%) berada pada kategori berkualitas, dari hasil skor rata-rata menunjukkan bahwa aspek tersebut dalam tingkat berkualitas. Sedangkan aspek tindakan (action) diperoleh skor rata - rata sebesar 2,8 (56%)berada pada kategori cukup berkulitas dan aspek perhatian (attention) diperoleh skor rata – rata sebesar 2,7 (55%) hasil tersebut menunjukkan bahwa aspek tersebut dalam tingkat cukup berkualitas. Dan pada umumnya rata-rata responden menganggap aspek-aspek pada pelayanan sudah berkualitas ditandai dengan rata-rata skor persentase sebesar 62% yang menandakan bahwa kualitas pelayanan perawat di instalasi rawat inap dalam kategori berkualitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis > 2017
Tesis
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:22
Last Modified: 22 Aug 2024 02:22
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item
View Item